Home / EDUKASI / Ini cara bentuk mental positif kepada anak-anak
Foto: Istimewa

Ini cara bentuk mental positif kepada anak-anak

MEDIAWARTA.COM – Ini cara bentuk mental positif kepada anak-anak. Mental positif tidak muncul begitu saja dalam diri seseorang. Lakukan hal-hal berikut ini agar anak tumbuh jadi sosok yang selalu optimistis, tahan banting, dan baik hati.

Menjadi contoh yang baik. Ini dimulai dalam kehidupan sehari-hari, dan dari diri Anda sebagai orang tua maupun panutan anak-anak. Seperti dikutip dari femina.co.id, biasakan mengatakan “tolong” seperti, “Tolong ambilkan dompet Mama ya, Sayang?” dan lain-lain yang sifatnya ramah setiap kali minta bantuan. Jangan pernah malu minta “maaf” jika memang Anda melakukan kesalahan. Tutur kata yang positif ini secara otomatis akan menular kepada anak.

Melatih sikap ramah dan santun. Semua hal ini dapat dilakukan secara sederhana. Misalnya, saat mengajak anak jalan-jalan di kompleks, biasakan dirinya bersikap ramah dengan menyapa tetangga maupun petugas keamanan dan kebersihan. Pastikan, ia sambil tersenyum tulus. Beri pengertian, melalui cara sederhana ini ia dapat membuat dirinya dan orang lain senang.

Sediakan waktu khusus untuk anak-anak. Beri kesempatan anak Anda untuk mencurahkan segala pikirannya, dan dengarkan dengan sabar. Puji keberaniannya berekspresi melalui cerita-cerita dan gaya khas bocah meskipun sebenarnya membosankan bagi Anda. Cara ini akan membuat anak merasa dihargai di lingkungan terdekatnya, sehingga Anda jugajadi lebih tahu terkait kepribadian anak.

Pesan positif dari buku-buku bacaan. Melalui buku cerita maupum dongeng, Anda bisa mengajarkan nilai-nilai kejujuran, toleransi, dan pentingnya menolong sesama manusia. Sampaikan cerita tersebut dengan komunikatif supaya anak tertarik mendengarkan. Jangan pernah merasa bosan, sehingga kegiatan ini bisa menjadi agenda setiap hari.

Ekspresikan kasih sayang melalui tatapan yang tulus. Tunjukkan cinta kepada anak melalui hal-hal sederhana, seperti membuat kue kesukaannya bagi anak perempuan, mengusap kepalanya sebelum tidur, memeluk, dan dan mencium. Cara ini akan membuat anak merasa nyaman, bahagia, dan percaya diri. Ia pun akan menirukan sikap tersebut kepada orang yang ia sayangi.

Komentar

Check Also

Apakah Doa Buka Puasa Kita Sudah Benar? Berikut Doa Buka Puasa Menurut Beberapa Sumber

MEDIAWARTA.COM – Mulailah sesuatu dengan doa, termasuk pada bulan Ramadan 1439 Hijriah ini adalah saat buka …