Home / NEWS / Honor guru SD cantik ini hanya Rp 75 per bulan

Honor guru SD cantik ini hanya Rp 75 per bulan

MEDIAWARTA.COM, TEGAL – Honor guru SD cantik ini hanya Rp 75 per bulan. Rizma Uldiandari (26), guru SD di Kabupaten Tegal Jawa Tengah jadi perbicangan di dunia maya. Pasalnya, wanita cantik yang berprofesi sebagai guru SD honorer ini selalu menerima gaji yang terbilang sangat rendah.

Wajah yang super cantik tidak menjamin ia dapat menerima “penghasilan” atau gaji yang lebih besar.

Sebenarnya, guru bukan cita-cita Rizma semasa duduk di bangku SMA. Seusai SMA, ia kuliah dan mengambil Jurusan Keperawatan di Akademi Keperawatan (Akper) Kota Tegal. Di semester awal ia berhenti dan tidak melanjutkan kuliahnya.

Kemudian, Rizma pindah mengambil Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) di Universitas Negeri Semarang. Ia merasa prihatin melihat anak-anak di lingkungan tempat tinggalnya putus sekolah. Sampai akhirnya, ia memutuskan mengajari anak-anak membaca dan menulis hingga akhirnya berkeinginan masuk jurusan PGSD.

Dikutip dari tribunnews.com, saat kuliah di Akper, Rizma melihat banyak anak-anak di dekat rumah putus sekolah. Ia pun mengajari mereka di rumah dan akhirnya berkeinginan kuliah di PGSD.

Warga Desa Pecabean, Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal, ini sudah menjadi guru SD sejak 2010 lalu. Statusnya saat ini masih menjadi guru honorer dengan honor pokok sekitar Rp 75 ribu per bulan.

Baca Juga:   Pameran Wallacea Hadir di Atrium Nipah Mall

Meski demikian, hal tersebut tidak mengurangi peran Rizma untuk tetap mengabdi mencerdaskan anak bangsa. Ia mengakui penghasilannya selama ini masih kurang, tetapi bahagia bisa terlibat menjadikan manusia terdidik dan bermoral.

“Honor saya selama ini memang bisa dikatakan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan. Namun, hal itu tidak mengurangi pengabdian saya untuk melakukan pekerjaan mulia ini. Saya yakin akan berbuah manis di masa mendatang,” yakinnya.

Untuk itu, ia meminta pemerintah Kabupaten Tegal memperhatikan nasib guru honorer. Bagaimanapun, peran guru honorer tak kalah dengan guru yang sudah berstatus PNS. Rizma berkeinginan menjadi PNS. Jika ada tes seleksi CPNS, ia akan mengikutinya

“Bertemu anak dan memberikan ilmu kepada mereka, sudah cukup memberikan saya kebahagiaan,” akunya.

Untuk menambah penghasilan, ia membuka kursus atau les pelajaran di rumahnya pada malam hari. Tekad Rizma terhadap pendidikan begitu membanggakan, tidak sekadar menonjolkan parasnya yang rupawan.

“Semua wanita harus memiliki kecerdasan. Karena dunia terlalu keras jika hanya mengandalkan kecantikan,” demikian tulis Rizma di akun Instagramnya, mengutip quotes yang pernah ditulis Oprah Winfrey.

Komentar

Check Also

BELAJAR RENANG KINI SEMAKIN MUDAH DI FOUR POINTS MAKASSAR

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Berbicara mengenai aktivitas di hari senin tak akan lepas dari yang namanya …