Home / OTOMOTIF / Kolaborasi Toyota-Daihatsu untuk kemajuan industri otomotif di Indonesia

Kolaborasi Toyota-Daihatsu untuk kemajuan industri otomotif di Indonesia

MEDIAWARTA.COM, JAKARTA – Kolaborasi Toyota-Daihatsu untuk kemajuan industri otomotif di Indonesia. Guna mendukung program pemerintah dalam mengembangkan industri otomotif nasional dan memenuhi permintaan pasar domestik, Toyota dan Daihatsu kembali berkolaborasi untuk kemajuan industri otomotif di Indonesia.

Melalui kolaborasi ini diharapkan terjadi peningkatan investasi, pembukaan lapangan kerja baru, peningkatan kandungan komponen lokal, serta transfer pengetahuan dan teknologi otomotif kepada putra bangsa sebagaimana terjadi pada kolaborasi sebelumnya.

Menengok sejarah, Toyota Motor Corporation (TMC) dan Daihatsu Motor Company (DMC) telah bekerja sama sejak 1967. Khusus di Indonesia, Toyota dan Daihatsu telah menghasilkan produk kolaborasi sejak 2003 seperti Avanza-Xenia, disusul Rush-Terios (2006), dan Agya-Ayla (2013) serta produk mandiri lainnya untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik maupun ekspor ke 70 negara.

Sejak pertama hadir di Indonesia, Toyota Group telah menginvestasikan Rp 49 triliun bagi pengembangan industri otomotif nasional, yang tercermin pada peningkatan volume pasar otomotif domestik hampir dua kali lipat, selama 10 tahun terakhir (2005-2010), dengan pertumbuhan rata-rata 11,4 persen per tahun.

Posisi Indonesia sebagai salah satu basis produksi penting bagi Toyota Group menjadikannya sebagai penyumbang ekspor terbesar dengan market share mencapai lebih 87 persen dari total volume ekspor nasional selama semester pertama 2016.

Toyota dan Daihatsu, Selasa (2/8/2016), meresmikan kolaborasi terbarunya, Astra Toyota Calya dan Astra Daihatsu Sigra. Kolaborasi ini merupakan tonggak penting dalam perkembangan industri otomotif nasional, karena produk kolaborasi seperti Calya dan Sigra dirancang khusus sesuai karakteristik kebutuhan masyarakat Indonesia dan diproduksi putra bangsa di pabrik perakitan kendaraan PT Astra Daihatsu Motor di Karawang Asembly Plant, Karawang, Jabar yang memiliki kapasitas produksi 200 ribu unit per tahun. Calya dan Sigra telah memiliki kandungan komponen lokal yang tinggi mencapai 94 persen.

Toyota dan Daihatsu berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam pengembangan industri otomotif di Indonesia dengan memperkuat kompetensi putra bangsa sebagai bagian dari pembangunan industri otomotif di Tanah Air.

Komentar

Check Also

Kumala Group Bagikan Hadiah Umrah Selama Bulan Ramadhan

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Kumala Group sebagai dealer resmi dari berbagai merek otomotif seperti Wuling, Mazda, …