Lantamal VI dan Pertamina bersinergi sejahterahkan nelayan

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Lantamal VI dan Pertamina bersinergi sejahterahkan nelayan. Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI) bersama PT Pertamina, melaksanakan pemasangan tiga buah rumpon di perairan sekitar Pulau Kodingareng Keke Kelurahan Ujung Tanah Kota Makassar. Pemasangan rumpon dilaksanakan selama dua hari, Jumat-Sabtu (29-30/7/2016).

Rumpon tersebut diangkut menggunakan Kapal Angkatan Laut (KAL) Birang I-6.6-1 dari Dermaga Layang Markas Komando Lantamal VI ke Kodingareng Keke.

Komandan Kapal Birang Kapten Laut (P) Rhony Luthviadhani, ketiga rumpon tersebut dibawa ke titik kordinat sasaran yang sudah disurvei dan perizinan.

“Kegiatan ini kami lakukan sambil melaksanakan patroli perairan Sulsel yang sudah menjadi tugas pokok,” ujarnya.

Komandan Lantamal VI (Danlantamal VI) Yusup menyambut baik atas program corporate social responsibility (CSR) Pertamina. Ia berharap program dapat meningkatkan kesejahteraan nelayan, khususnya nelayan kecil atau tradisional.

“Kegiatan ini upaya nyata dan dukungan guna meningkatkan hasil tangkapan ikan para nelayan, khususnya nelayan kecil atau tradisional di Kodingareng Keke. Fungsi rumpon ini menarik gerombolan ikan sekaligus mencegah ikan yang sudah ada di tempat tersebut bermigrasi ke tempat lain,” papar Yusup.

Baca Juga:   Gojek Kembali Bagikan 1000 Masker untuk Mitranya

Selain itu, ia berharap rumpon juga akan menjadi “rumah” bagi ikan. Nelayan kecil atau tradisional otomatis akan menghemat biaya operasional penangkapan karena tidak perlu lagi menempuh jarak yang jauh menghabiskan banyak BBM untuk mencari ikan,” imbuh orang nomor satu di Lantamal VI ini.

Sementara itu, General Manager Marketing Operation Region (MOR) VII Sulawesi PT Pertamina Tengku Badarsyah, yang “on board” di atas KAL Birang I-6.6-1, mengatakan kerja sama pihaknya dengan Lantamal VI tidak sampai di sini.

“Nanti beberapa pulau juga akan dipasangkan rumpon di sekitarnya. Sekarang, masih ada beberapa rumpon yang masih dalam proses pembuatan,” tutupnya.

Nisa Nasifah/Foto: Lantamal VI

Komentar

Check Also

Untuk Cegah Penularan Covid-19, Startup Binaan Inkubator Unhas Produksi Disinfektan dan Hand Sanitizer

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Startup Binaan Inkubator Unhas memproduksi disinfektan dan cairan pembersih tangan (Hand Sanitizer) …

Share This
Mediawarta