Home / NEWS / MAKASSAR / Satkamla lantamal VI gelar latihan VBSS kepada awak tiga kapal perang

Satkamla lantamal VI gelar latihan VBSS kepada awak tiga kapal perang

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR– Sebagai ujung tombak pengamanan Alur Laut Kepulauan Indonesia II (ALKI II), Satuan Keamanan Laut (Satkamla) Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI)  menggelar latihan Visit Boarding Search And Seizure (VBSS) bertempat di Markas Komando Lantamal VI, Selasa (30/8/2016).

Latihan  keterampilan ini untuk meningkatkan kecakapan prajurit itu dilaksanakan dengan dukungan sarana dan prasarana yang dimiliki Lantamal VI termasuk dermaga dan kapal perang.

Latihan VBSS kepada awak tiga kapal perang ini bertujuan untuk membina kemampuan dan profesionalisme prajurit Satkamla Lantamal VI dalam kerjasama dan ketanggap siagaan dalam mengantisipasi situasi saat melaksanakan operasi dan  pemeriksaan di laut. Latihan ini akan berlangsung selama 7 hari dan melibatkan batalyon marinir pertahanan pangkalan Lantamal VI (Yonmarhanlan VI sebagai  sebagai pelatih fisik.

Kegiatan olah keterampilan dan keberanian ini dipimpin langsung oleh Komandan Satkamla Mayor Laut (P) Maffud Effendi dan diikuti oleh 20 peserta VBSS yang berasal dari prajurit-prajurit Kapal perang yang diopersikan Lantamal VI  yaitu Kapal Angkatan Laut (KAL) Birang,Suluh Pari dan Samalona.

Baca Juga:   Pameran Wallacea Hadir di Atrium Nipah Mall

Tim VBSS  merupakan ujung tombak dalam pelaksanaan tugas operasi Laut Lantamal VI dalam pelaksanaan operasi di wilayah   Lantamal VI. Digunakan  saat melaksanakan pemeriksaan kapal, Oleh karena itu diperlukan tim pemeriksa atau tim VBSS yang siap dan tangguh  serta professional sesuai prosedur dan aman dalam setiap melaksanakan pemeriksaan kapal yang dicurigai.

Pembina Latihan Asops Danlantamal VI Letkol Laut (P) Anang Nurjatmiko mengatakan, ” latihan VBSS ini merupakan fungsi pembinaan bagi  prajurit sehingga diharapkan dengan latihan ini prajurit yang mengawaki Kapal- perang dibawah naungan Satkamla Lantamal VI mempunyai pengetahuan tentang tim pemeriksa kapal baik itu teori pemeriksaan maupun aplikasinya di lapangan, termasuk didalamnya kecakapan dalam menggunakan peralatan tim pemeriksa kapal baik secara individu maupun secara kelompok” tegasnya.

Komentar

Check Also

Buka Outlet Baru, Fabio Home Jawab Kebutuhan Warga akan Furniture

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Memiliki rumah dengan penampilan mewah, dan kebutuhan lengkap tentu menjadi impian semua …