Home / NEWS / NASIONAL / Manusia tertua di dunia berusia 145 tahun, dari Indonesia?
Foto : Int

Manusia tertua di dunia berusia 145 tahun, dari Indonesia?

MEDIAWARTA.COM – Seorang kakek asal Sragen yang bernama Sodimejo atau sering disapa Mbah Gotho, dikatakan telah berusia 145 tahun dan menjadi manusia tertua di dunia.

Menurut data pemerintah dari kartu tanda penduduk (KTP) yang dimiliki oleh Mbah Gotho, tertulis, lahir pada tanggal 31 Desember 1870. Artinya, usia Mbak Gotho saat ini 145 tahun dan pada Desember tahun ini, ia akan berusia 146 tahun.

Mbah Gotho bisa dikatakan sebagai orang tertua di dunia mengalahkan orang tertua di dunia yang tercatat di Guiness Book Record yakni Jeanne Calment (122) wanita asal Prancis.

Walau memiliki usia yang panjang, Mbah Gotho mengaku bahwa ia tidak nyaman dengan kondisinya tersebut. Karena dia telah ditinggal mati oleh ke 10 saudaranya. Ia juga telah ditinggal oleh empat istrinya serta anak-anaknya. Kini, ia hanya bersama cucu, cicit dan canggahnya. Di usianya yang sudah 145 tahun ini, harapan Mbah Gotho hanya satu, ingin meninggal dunia dan menyusul semua orang-orang yang telah meninggalkannya.

ada juga manusia yang pernah tercatat memiliki umur panjang seperti Li Chung Yun atau ada juga yang menyebutnya dengan nama Li Chung Yuen tercatat sebagai pemegang rekor orang tertua di dunia. Dia adalah seorang ahli bela diri, penasehat taktis Tiongkok, dan tabib.

Baca Juga:   Pameran Wallacea Hadir di Atrium Nipah Mall

Li yang berasal dari Sichuan suka berkeliling dunia. Bahkan saat usianya 10 tahun, ia sudah menjelajahi hingga ke Shansi, Annam, Kansu, Manchuria, Tibet, dan Siam. Dalam perjalanannya tersebut, ia terus mencari dan mengumpulkan tanaman obat, hingga ia berumur 100 tahun.

Tak ada yang tahu pasti kapan Li lahir. Ia sendiri pun sudah lupa, tahun kapan ia dilahirkan. Tapi menurutnya, ia lahir pada tahun 1736.

Seorang profesor dari departemen pendidikan Universitas Chendu, Wu Chong telah menemukan sebuah catatan kerajaan Tiongkok yang menjelaskan tentang ucapan selamat ulang tahun pada Li yang telah berusia 150 tahun. Ucapan tersebut dibuat pada tahun 1827. Jika pada tahun 1827 umur Li sudah mencapai 150 tahun, maka tahun kelahiran Li adalah 1677.

Li meninggal pada tahun 1933 dengan usia 256. Usia yang sangat panjang.

Sumber : vemale

Komentar

Check Also

BELAJAR RENANG KINI SEMAKIN MUDAH DI FOUR POINTS MAKASSAR

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Berbicara mengenai aktivitas di hari senin tak akan lepas dari yang namanya …