Home / SPORT / PSM / Robert Rene Alberts masih kukuh dengan format pemain lokal muda
Pelatih Kepala PSM Makassar, Robert Rene Alberts. Foto: Effendy Wongso

Robert Rene Alberts masih kukuh dengan format pemain lokal muda

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Robert Rene Alberts masih kukuh dengan format pemain lokal muda. Pelatih Kepala PSM Makassar Robert Rene Alberts terus mengintensifkan latihan Rizky Pellu dan kawan-kawan di Lapangan Kodam, Makassar. Dua misi Roberts, pertama tim harus siap di empat sisa laga putaran pertama ISC A, kedua mempersiapkan “tim baru” untuk putaran kedua nanti.

Hal tersebut terlihat saat Roberts memimpin latihan di Lapangan Kodam, Jumat (5/8/2016). Dalam  setiap latihan, Robert juga memaksimalkan potensi enam pemain anyar yang terdiri dari empat pemain asing dan dua pemain lokal. Mereka adalah Kwon Jun, Ronald Hikspoors, Wiljan Pluim, Luiz Ricardo, lalu Titus Bonai dan Achmad “Tolle” Hisyam.

Dikutip dari Tribun Timur, Sabtu (6/8/2016), mereka semua memang baru bisa dimainkan putaran kedua ISC, pada September 2016 mendatang. Tak heran, disamping menggelar persiapan jelang laga selanjutnya, Roberts juga memberi latihan khusus kepada pemain baru untuk beradaptasi dengan pemain lainnya.

Usai memimpin latihan tim di lapangan Kodam, Robert menyebutkan baik pemain lokal maupun asing sudah sama-sama padu, dan itu nampak dari latihan tim selama ini yang dikemas dalam sesi games. Walaupun empat pemain asing itu bisa dimainkan putaran kedua, ia tidak menjamin seluruhnya bisa mendapat tempat inti.

Menurutnya semua pemain harus berusaha untuk menjadi starter, hanya pemain yang betul-betul siap akan tampil. Memang, siap tidaknya permainan seorang pemain, bisa dilihat dari latihan. Dan sejauh ini Robert terus menjalankan sesi game. Keempat pemain asing plus Tibo dan Tolle pun sudah menunjukkan kemampuannya.

Baca Juga:   PSM Makassar Gasak Tamunya Persipura Jayapura 4-0

“Tapi masih banyak observasi yang harus saya lakukan selama latihan, terlalu cepat untuk menentukan komposisi (pemain),” katanya.

Secara khusus, Roberts memuji penampilan pemain-pemain lokal yang selama ini menjadi andalan. “Seperti Rahmat dan Ferdinand, keduanya bagus dan permainan mereka kian menanjak baik,” akunya.

Ditambah lagi pemain muda lokal juga terus menunjukkan peningkatan permainan yang jauh lebih baik. “Ferdinand misalnya, kalau pemain asing main, saya kira dia tetap harus mendapatkan tempat di tim karena dia pemain bagus. Jadi saya pikir pemain lokal tetap punya tempat,” kata Robert.

Manajemen PSM Makassar sendiri mendukung penuh pelatih untuk membentuk tim yang lebih baik di putaran kedua nanti. Hal ini disampaikan Media Officer PT Persaudaraan Sepakbola Makassar (PSM) Ramli Manong. Menurutnya, pelatih memang memiliki kewenangan untuk membentuk tim sesuai kebutuhan.

“Tetapi, sebelum jauh bicara ke putaran kedua, hendaknya di sisa empat laga ini harus dimaksimalkan pelatih,” imbaunya.

Apalagi tiga laga kandang bakal dimainkan, sehingga wajib tiga poin. “Sehingga hitung-hitungannya 10 poinlah, sembilan poin kandang dan satu poin tandang. Saya kira ini bisa dilakukan. Apalagi, melihat permainan tim yang kian menanjak bagus,” imbuh Ramli.

Komentar

Check Also

PSM Makassar mendulang kemenangan tipis 1-0 atas Semen Padang.

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Menjamu Semen Padang di Stadion Andi Matalatta, Senin (20/5/2019) malam WIB, PSM …