Home / EDUKASI / Siswa SMA di Makassar ikut NextDev Junior
Program Next Dev dilaksanakan Telkomsel di SMA Negeri 17 Makassar

Siswa SMA di Makassar ikut NextDev Junior

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Sebagai salah satu upaya melengkapi ekosistem digital, khususnya di segmen remaja, Telkomsel menggelar NextDev Junior. Ini merupakan sebuah program pelatihan pembuatan aplikasi mobile bagi siswa Sekolah Menengah Atas (SMA).

Kegiatan edukasi ini yang diikuti ratusan pelajar, dilaksanakan di 17  SMA terbaik yang ada di Makassar, Manado, Kendari, Ambon Jayapura Sorong, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan. Di Makassar, Next Dev Junior dilaksanakan di dua sekolah, SMA Negeri 3 dan  SMA Negeri 17, Senin (29/8/2016).

“Saat ini segmen remaja merupakan salah satu pengguna aktif internet dan berbagai aplikasi digital. Melalui NextDev Junior, kami memberikan pelatihan pembuatan aplikasi mobile kepada pelajar SMA secara berkelanjutan, untuk memperkenalkan dunia aplikasi lebih dini ke segmen remaja,” jelas Manager Corporate Communication Area Pamasuka, Anton Mahendra.

Melibatkan Oracle Studio dan Hicca Studio sebagai motivator dan inspiratory, pelatihan NextDev Junior terbagi atas tiga tahapan. Tahap pertama diawali dengan seminar bagi seluruh siswa di sekolah terpilih. Kemudian diikuti dengan penjaringan kandidat siswa dan training bagi siswa terpilih. Pelatihan ini sendiri meliputi pengenalan awal aplikasi mobile, pengenalan perangkat lunak (software) untuk membuat aplikasi, dan pembuatan aplikasi mobile sederhana.

Baca Juga:   Kemkominfo Menobatkan Telkomsel Sebagai Penyelenggara Telekomunikasi Dengan Wajib Bayar PNBP Telekomunikasi Tertinggi Tahun 2019

Pada tahap kedua, peserta dilatih untuk membuat aplikasi mobile yang dinamis berdasarkan layout, naskah, dan animasi. Lalu pada tahap terakhir, peserta melakukan penyempurnaan terhadap aplikasi mobile tersebut untuk selanjutnya dipublikasikan sehingga dapat diunduh atau diakses secara online oleh siswa.

Tidak kurang dari 700 aplikasi mobile hasil kreatifitas para siswa diperkirakan akan dihasilkan pada akhir program NextDev Junior ini.  Selanjutnya akan dilakukan kompetisi antar siswa untuk aplikasi yang telah mereka dihasilkan, kemudian akan diikutsertakan untuk kompetisi antar sekolah.

Kepala Sekolah SMA Negeri 17 Makassar, Syamsuddin, S.Pd, MM, memberikan sambutan yang sangat baik terhadap program NextDev Junior. Menurutnya, kemajuan dan penguasaan teknologi sudah tuntutan jaman. Kedepan, ia berharap tetap bisa bekerjasama dengan Telkomsel, untuk menciptakan ekosistem digital di sekolah yang dibinanya.

Komentar

Check Also

Apakah Doa Buka Puasa Kita Sudah Benar? Berikut Doa Buka Puasa Menurut Beberapa Sumber

MEDIAWARTA.COM – Mulailah sesuatu dengan doa, termasuk pada bulan Ramadan 1439 Hijriah ini adalah saat buka …