Home / KESEHATAN / 4 cara menghilangkan ngorok secara alami

4 cara menghilangkan ngorok secara alami

MEDIAWARTA.COM, Solusi menghilangkan ngorok atau mendengkur saat tidur, dapat menggunakan bahan alami yang tentunya sangat aman bagi tubuh kita. Mungkin banyak tips untuk mengatasi tidur ngorok telah dicoba, namun tetap saja hasilnya nihil. Sebelum kita lanjutkan, anda harus mengetahui apa penyebab tidur mendengkur?

Tidur ngorok adalah salah satu suara nafas abnormal yang disebut ronchi, dimana suara derak kasar terdengar selama ekspirasi. Suara ini ditimbulkan oleh getaran langit-langit mulut dan uvula. Proses bernafas melibatkan lima saraf yang terhubung dengan otak. Setiap saraf memiliki fungsi yang berbeda, satu dan lainnya. Beberapa fungsinya termasuk menyaring, menghangatkan, menjaga kelembaban, dan mengontrol udara yang masuk ke saluran nafas.

Penyebab tidur ngorok Suara mendengkur terjadi ketika udara yang masuk saat bernafas terhalang sebab penyempitan pada saluran udara. sehingga saluran udara yang bergetar menimbulkan suara keras disebut ngorok. Beberapa faktor yang dapat menimbulkan suara ngorok pada seseorang yang sedang tidur seperti penyakit sinusitis, faktor usia, gangguan pada hidung, berat badan berlebih, radang amandel, dan posisi tidur. Kebiasaan tidur mendengkur lebih banyak terjadi pada pria daripada wanita.

Untuk menghilangkan suara dengkur saat tidur, gangguan yang mendasari masalah ini harus ditangani. Sebagai contoh, jika penyebab ngorok adalah kegemukan, maka anda harus menjalani program diet untuk mengurangi berat badan. Jika penyebabnya adalah sinusitis, maka penyakit ini harus diobati hingga sembuh. Sedangkan ngorok yang disebabkan oleh gangguan pada saluran nafas, dapat diatasi dengan menggunakan beberapa cara alami berikut ini:

  1. Gunakan kapulaga Rempah ini sering digunakan sebagai bumbu masakan India.

Harganya yang mahal cukup seimbang dengan manfaat kesehatan yang ada di dalamnya. Salah satu manfaat kapulaga adalah mengencerkan lendir dan membuat saluran nafas lebih plong. Untuk mengatasi tidur mendengkur, tuang ½ sdm bubuk kapulaga ke dalam 250 ml air hangat. Aduk hingga merata, minum ramuan alami ini 30 menit sebelum tidur malam.

  1. Gunakan minyak zaitun

Salah satu manfaat minyak zaitun adalah mengendurkan jaringan pada saluran udara dan mengurangi pembengkakan mukosa. Sehingga mencegah gesekan karena getaran saat aliran udara melewati velum dan uvula, yang menyebabkan ngorok. Cara membuat obat anti ngorok: Campur ½ sdm minyak zaitun dan ½ sdt madu, kemudian minum sebelum tidur malam. Lakukan pengobatan ini setiap malam hingga dengkur menghilang.

  1. Gunakan kunyit

Selain mampu untuk menyehatkan lambung dan menghilangkan jerawat, ternyata kunyit juga berguna untuk menghilangkan suara ngorok. Caranya, tumbuk kunyit hingga lumat. Rendam ke dalam segelas air hangat, tambahkan 2 sdm madu kemudian aduk secara merata. Minum obat tradisional ini setiap hari, masing-masing sebanyak 2 gelas. Lakukan pengobatan dengan teratur sampai bunyi ngorok hilang sewaktu tidur.

  1. Gunakan daun mint

Mentol yang terdapat di dalamnya bersifat anti-inflamasi, yang mencegah pembengkakan pada mukosa. Daun mint efektif untuk membuka saluran nafas yang tersumbat. Sehingga nafas menjadi longgar dan segar, serta mencegah timbulnya suara dengkuran saat tidur. Cara menggunakan obat anti ngorok ini dengan mencampur 3 tetes minyak hasil ekstraksi dari daun mint ke dalam 230 ml air hangat. Gunakan airnya untuk berkumur setiap malam, sebelum tidur. Anda juga dapat minum rebusan daun mint sebagai teh. Ulangi pengobatan ini dengan rutin hingga dengkur menghilang secara berangsur.

Itulah 4 cara menghilangkan ngorok secara alami , Anda dapat memadukan beberapa cara yang telah disebutkan di atas, atau memilih salah satu darinya. Pastikan menjalani gaya hidup sehat dan olahraga secara teratur supaya tubuh lebih sehat dan bugar.

Sumber: Obat Alami
Foto: Internet

Komentar

Check Also

Waspada akan serangan penyakit Alzheimer

MEDIAWARTA.COM, JAKARTA  – Demensia, gangguan pada otak yang menyebabkan penurunan daya ingat hingga kemampuan mental, …