Kelurahan Kassi- Kassi Sukses Jalankan Program Lorong Garden (BULO)

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto bertekad untuk memperkuat perekonomian warga lorong, dengan meluncurkan program Badan Usaha Lorong (Bulo). 

Setelah semua lorong garden (Longgar) rampung di Makassar, Danny mengatakan akan meningkatkan statusnya menjadi lorong produktif.

Dengan konsep vertikal garden, lorong-lorong akan ditanami dengan tanaman yang menjadi kebutuhan sehari-hari yang bernilai jual tinggi di pasar.

“Hasil tanaman lorong ini semuanya akan kita beli, sebagian didepositokan untuk biaya pendidikan anak-anak di lorong. Target kita tidak ada lagi anak lorong yang tidak sekolah sampai perguruan tinggi,” ucap Danny.

Salah Satu kantor kelurahan di Kecamatan Rappocni, yakni Kelurahan Kassi- kassi, berhasil memperlihatkan Badan Usaha Lorong (BULO), sesuai yang dikonsepkan Walikota Makassar.  

“Kita baru saja sudah panen sawi 2 kantong besar, kol 1 kantong besar, sama cabe rawit sekitar 1 liter. Luas tanahnya yang ditanami itu 5 × 6 meter, dan lama tanaman itu baru bisa dinikmati sekitar 65 hari,” ucap Lurah Kassi-Kassi, Andi Bintang.

Suksesnya program BULO ini, menurut dia, berkat kerjasama seluruh pihak, dngan tujuan untuk membuat inovasi baru membuat lorong garden.

“Kita beli bibitnya, bagikan ke RT, biar nanti RT yang bagikan ke masyarakat. Tapi bibitnya sudah banyak yang tawar,” tutur Andi Bintang

Ia mengungkapkan jika yang sangat membantu menyukseskan program ini yakni PKK dan RT. Kemudian merencanakan akan membuat lorong garden. Dengan adanya program ini, sangat membantu. Paling tidak untuk memenuhi kebutuhan masyarakat setiap hari. 

Komentar

Baca Juga:   Gojek Kembali Bagikan 1000 Masker untuk Mitranya

Check Also

Untuk Cegah Penularan Covid-19, Startup Binaan Inkubator Unhas Produksi Disinfektan dan Hand Sanitizer

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Startup Binaan Inkubator Unhas memproduksi disinfektan dan cairan pembersih tangan (Hand Sanitizer) …

Share This
Mediawarta