Langit mendung Danny bilang tanda – tanda menang

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Awan kelabu menggayut di langit saat Wali Kota Makassar,  Danny Pomanto menyampaikan sambutan pada Penilaian Lomba Kelurahan Siaga dan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) di kelurahan Karunrung, kecamatan Rappocini kota Makassar.

“Kelihatannya akan segera hujan. Ini tanda – tanda menang,” ujar Wali Kota Danny mencairkan suasana.

Lomba kelurahan siaga dan PHBS digelar untuk memotivasi masyarakat menjalankan pola hidup sehat dalam rumah tangga, lingkungan masyarakat, dan kelurahan.

Pemilihan kelurahan Karunrung mewakili kota Makassar di tingkat provinsi karena masyarakt di kelurahan ini dinilai paling siap, “Pola hidup bersih dan sehat telah terbentuk di masyarakat Karunrung. Ini terlihat dari lingkungan tempat tinggal warga yang terawat, bersih, dan rindang dengan pohon yang banyak tumbuh di pekarangan ataupun di pinggir jalan,” jelas Camat Rappocini Hamri Haiyya.

Tahun lalu, kelurahan Karunrung mewakili Sulawesi Selatan pada penilaian lomba KB Kesehatan di tingkat nasional dan berhasil meraih juara II, dan tahun ini kelurahan yang berbatasan dengan kabupaten Gowa itu kembali mewakili Makassar pada ajang lomba yang berbeda.

Target juara menjadi harapan pemerintah kota Makassar. Wali Kota Danny Pomanto menuturkan memenangkan lomba bukanlah akhir dari perjuangan pemerintah kota mewujudkan Makassar dua kali tambah baik, perlombaan baginya sebuah stimulan dan motivasi untuk berusaha lebih giat.

Baca Juga:   Kabar Duka, Ibunda Presiden Jokowi Wafat

“Capaian terbesarnya jika perilaku hidup bersih dan sehat dapat menjadi karakter dan budaya masyarakat,” ucap Danny.

Ada sepuluh kriteria yang menjadi dasar penilaian dalam lomba kelurahan siaga dan PHBS untuk mengukur perilaku pola hidup sehat, pertama persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan, kedua memberikan ASI eksklusif kepada bayi, ketiga menimbang berat badan balita, keempat menggunakan air bersih, kelima mencuci tangan dengan
air bersih dan sabun, keenam menggunakan jamban sehat, ketujuh memberantas jentik-jentik, kedelapan mengonsumsi sayur dan buah setiap hari, kesembilan melakukan aktifitas fisik setiap hari, dan terakhir tidak merokok di dalam rumah.

Pola pembinaan untuk mengawal 10 perilaku hidup bersih dan sehat dijalankan bersama oleh pemerintah kota dan TP PKK kota Makassar.

Ketua Tim Penilai Lomba Kelurahan Siaga dan PHBS, Dr Andi Mappatoba menyampaikan kelurahan Karunrung adalah kelurahan yang paling siap mengikuti lomba ini yang tercermin dari perilaku warganya, dan tersedianya fasilitas kesehatan seperti Posyandu dan Posbindu yang melayani pemeriksaan ibu hamil dan balita.

Komentar

Check Also

Pameran Wallacea Hadir di Atrium Nipah Mall

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Wallacea Week 2019 merupakan sebuah festival penuh inspirasi, edukasi, dan karya seni …

Share This
Mediawarta