Home / KESEHATAN / Bahaya lidah tergigit dan cara mengatasinya

Bahaya lidah tergigit dan cara mengatasinya

MEDIAWARTA.COM, Tak bayak yang tau, Lidah yang tergigit dapat menimbulkan gangguan kesehatan. Semua orang tentu pernah mengalaminya bahkan ada yang sering sekali mengalami kejadian tersebut. Kesalahan mengunyah makanan dapat dialami oleh seseorang tanpa sengaja. Faktor penyebab paling dominan adalah terlalu cepat ketika mengunyah makanan, atau konsentrasi yang hilang saat makan. Sebagian orang segera menghentikan aktivitas makan, ketika mengalami kejadian ini. Sebagian yang lain, tetap melanjutkan acara makan.

Kesalahan mengunyah makanan dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan. Berikut bahaya lidah tergigit ketika makan:

1. Selera makan hilang makanan akan hilang

kelezatannya, ketika tanpa sengaja lidah tergigit secara tiba-tiba. Mungkin anda akan berhenti makan, karena takut lidah tergencet gigi lagi.

2. Lidah menjadi kasar

Tekstur lidah yang lembut akan berubah menjadi kasar dan retak. Sensitivitas lidah sedikit mengalami kerusakan oleh gigitan tepi gigi yang tajam. Jika tidak ada luka akibat gigita dan tidak berdarah, biasanya akan sembuh sendiri setelah 3 hari.

3. Perubahan pada warna

Lidah Infeksi bakteri akibat lidah yang pecah akan mengakibatkan lidah berubah warna.

4. Risiko sariawan

Luka pada lidah akibat tergigit dapat mengalami infeksi, sehingga rentan sariawan. Kondisi ini tentu sangat mengganggu aktivitas makan.

5. Luka yang cukup mengganggu

Karena rasa sakit pada lidah tergigit lebih hebat daripada luka di tempat lain. Ini dapat dimaklumi karena lidah merupakan salah satu indera perasa yang sangat peka. Ujung syaraf lidah tidak hanya peka terhadap rasa, namun juga sensitif terhadap rasa nyeri. Namun, luka pada lidah paling cepat sembuh dibanding organ tubuh lainnya.

6. Timbul rasa nyeri

Luka pada lidah bekas tergigit dapat menimbulkan infeksi. Luka ini biasanya disertai dengan nyeri.

Cara Mengatasi Lidah Yang Tergigit

Agar tidak terjadi luka trauma yang cukup serius, cobalah cara alami di bawah ini:

1. Hindari makanan pedas Ketika anda mengalami luka gigitan di lidah, jauhi makanan pedas untuk sementara waktu. Makanan pedas akan mengakibatkan peradangan pada lidah, sehingga luka makin parah dan lama untuk sembuh.

2. Berkumur dengan air garam Ketika terjadi luka akibat gigitan gigi sendiri, gunakan air garam untuk berkumur-kumur. Meskipun timbul sesikit rasa perih, cara ini efektif untuk mencegah iritasi dan membantu untuk menghilangkan bakteri. Rasa perih yang timbul hanya bersifat sementara.

3. Perbanyak minum air dingin dengan minum banyak air es batu akan menenangkan lidah yang memar dan kontraksi yang terjadi.

4. Gunakan madu manfaat madu untuk mengeringkan luka dan mencegah infeksi telah dikenal oleh banyak orang. Demikian pula untuk mengatasi lidah tergigit yang timbul luka, caranya dengan mengoleskan madu murni secukupnya, pada luka di lidah.

5. Gunakan baking soda oleskan sedikit baking soda yang telah dicampur dengan air bersih, pada lidah yang terluka akibat tergigit.

6. Gunakan es batu pengobatan awal terhadap lidah yang tergigit, dengan mengompres luka menggunakan es batu. Perawatan ini bertujuan untuk meredakan rasa sakit dan cepat menghentikan pendarahan.

Itulah bahaya lidah tergigit dan cara mengatasinya. Sebenarnya kasus ini tidak memerlukan penanganan khusus, karena lidah dapat sembuh dengan sendirinya. Air liur dalam rongga mulut ikut membantu proses penyembuhan. Sebaiknya hati-hati ketika mengunyah makanan, dan tetap fokus.

Komentar

Check Also

Waspada akan serangan penyakit Alzheimer

MEDIAWARTA.COM, JAKARTA  – Demensia, gangguan pada otak yang menyebabkan penurunan daya ingat hingga kemampuan mental, …