Home / KESEHATAN / Gangguan Penglihatan? Bijaklah Membeli Kacamata
ilustrasi pengguna kacamata (diperagakan oleh model)

Gangguan Penglihatan? Bijaklah Membeli Kacamata

MEDIAWARTA – Kebutuhan akan kacamata menjadi hal penting bagi mereka yang memiliki masalah dengan mata minus, mata plus, dan mata silinder. Akan tetapi pemilihan kacamata yang tepat adalah hal bijak yang mesti diperhatikan. Banyaknya kacamata minus, plus, dan silinder yang dijual bebas dengan berbagai model serta harga yang sangat murah membuat anda perlu berhati-hati.

Hal yang perlu diperhatikan adalah sejauh mana kacamata tersebut dapat melindungi mata Anda? Jika tidak, maka bersiaplah untuk mengeluarkan biaya yang lebih banyak untuk mengobati gangguan yang akan terjadi pada penglihatan Anda. Menurut penelitian dari dailymail, kacamata yang tidak terbuat dari bahan yang aman, dapat meningkatkan resiko gangguan penglihatan permanen bahkan gangguan tersebut dapat menyebabkan munculnya tumor otak. Oleh karena itu, sebaiknya jangan tergiur oleh harga kacamata yang murah.

Untuk itu, MediaWarta memberikan 3 alasan mengapa kacamata murah berbahaya sebagaimana yang dikutip dari optikseis.com :

Anti Radiasi

Sinar matahari memiliki gelombang radiasi Ultraviolet (UV-A dan UV-B) yang berbahaya bagi mata. Untuk melindunginya terdapat bagian mata yaitu pupil yang akan mengecil bila terkena cahaya matahari. Khusus untuk sunglasses yang benar harus memiliki perlindungan terhadap UV-A dan UV-B diatas 90%. Mata seseorang yang memakai kacamata hitam akan kehilangan kemampuan untuk mengecilkan pupil karena kacamata hitam mengurangi intensitas cahaya. Dengan membesarnya pupil mata tersebut maka sinar UV-A dan UV-B akan masuk dengan mudah dan akan memicu timbulnya katarak.

Lensa

Ukuran lensa normal seharusnya OD/R = 0, OS/L = 0, dalam ukuran netral dan tidak mengganggu penglihatan anda. Kacamata murah tidak di ukur tingkat kenetralan lensa, kehalusan permukaan lensa, dan kesejajaran titik pusat. Hal ini bisa menyebabkan sakit mata, pandangan yang kabur, sakit kepala, pandangan berganda, dan dapat menimbulkan katarak serta tumor otak.

Bahan Cat pada Frame

Pembuat kacamata murah pastinya tidak akan memperhatikan tingkat keamanannya. Sehingga kebanyakan kacamata murah akan menggunakan cat yang tidak sesuai dengan standart yang ada dan terdapat bahan berbahaya di dalamnya. Penggunaan kacamata dengan cat berbahaya tersebut dapat menyebabkan kulit Anda gatal – gatal, iritasi, dan terkena kanker.

Setelah membaca bahaya di atas, semoga anda lebih bijak dalam memilih kacamata.

 

(Mediawarta/Tim)

Komentar

Check Also

Waspada akan serangan penyakit Alzheimer

MEDIAWARTA.COM, JAKARTA  – Demensia, gangguan pada otak yang menyebabkan penurunan daya ingat hingga kemampuan mental, …