Home / NEWS / MAKASSAR / Presiden RI Joko Widodo resmikan PPN Untia Makassar

Presiden RI Joko Widodo resmikan PPN Untia Makassar

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR- Komandan Lantamal (Danlantamal) VI Laksamana Pertama TNI Yusup, S.E., M.M., menghadiri acara peresmian Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Untia, Sabtu (26/11/2016). Pelabuhan yang terletak di Kelurahan Untia, Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar ini, akan diresmikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo yang didampingi oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo beserta Menteri Perikanan dan Kelautan Indonesia Susi Pudjiastuti dan Menteri Pertanian Indonesia Andi Amran Sulaiman dan dihadiri oleh Gubernur Sulsel DR. H. Syahrul Yasin Limpo, S.H., M.Si., MH., Pangdam VII Wirabuana Mayjen TNI Agus Surya Bakti, Kapolda Sulsel Irjen Pol Anton Charliyan, Kabinda Sulsel, Walikota Makassar dan sejumlah undangan Forkopimda Sulsel lainnya.

Dalam paparan sederhana yang disampaikan oleh Ibu Susi Pudjiastuti dalam hal mengenai kondisi wilayah perairan Indonesia Khususnya perairan Sulsel dan kehidupan para nelayannya menyampaikan pujian terhadap para nelayan asal Sulawesi, terkhusus kepada nelayan Bugis Makassar di Sulawesi Selatan (Sulsel). Ibu Susi berharap kedepan nantinya para nelayan Bugis Makassar akan selalu menjaga kelestarian wilayah lautnya dengan tidak menangkap ikan secara tidak wajar dengan menggunakan alat yang dapat merusak terumbu karang yang menjadi sumber kehidupan Biota laut yang berada di perairan Sulawesi Selatan.

Baca Juga:   Pameran Wallacea Hadir di Atrium Nipah Mall

Selanjutnya, Presiden Jokowi dalam sambutannya mengatakan, peresmian Pelabuhan Perikanan Untia akan membantu produksi perikanan para nelayan di Sulawesi Selatan. “Kita tahu nelayan-nelayan Bugis terkenal handal dalam melaut, sehingga dengan kehadiran pelabuhan ini dapat membantu nelayan-nelayan kita nantinya dalan memproduksi ikan-ikan hasil tangkapannya,” kata Jokowi. Presiden juga berharap Pelabuhan Untia dapat meningkatkan produksi perikanan dari Sulsel yang tercatat sebagai salah satu penghasil ikan terbesar di Indonesia.

“Dan yang terakhir, Ingat jangan ada Pungli di Pelabuhan ini, kalau ada segera laporkan kepada Tim Saber Pungli yang ada”, tutup Jokowi dalam sambutannya.

Peresmian ditandai dengan penekanan tombol sirine dan penandatangan prasasti oleh Presiden Jokowi, didampingi Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dan Gubernur Sulawesi Selatan.

Setelah meresmikan pelabuhan, presiden Jokowi memantau beberapa stand di Pelabuhan dan juga menyapa nelayan yang hadir.

Komentar

Check Also

Bakal Calon Wali Kota Makassar, Ismak Bahas Isu Lingkungan

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Bakal calon Wali Kota Makassar Muh Ismak, hadir dalam diskusi bertema “Ngobrol …