Home / KESEHATAN / Ini bahaya banyak minum sambil makan

Ini bahaya banyak minum sambil makan

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Tubuh kita sebagian besar tersusun atas air.  Air tersebar di seluruh tubuh manusia, antara lain paru (90%), darah (82%), kulit (80%), otot (75%), otak (70%), dan tulang (22%). Minum 8 gelas air putih per hari sangat penting untuk menghidrasi tubuh. Apalagi Jika tinggal di daerah yang panas atau melakukan aktivitas di luar ruangan secara intens, maka asupan air sangat diperlukan.

Berbicara tentang air minum, sudah sering kita mendengar bahwa kita disarankan untuk tidak minum selagi sedang makan. Padahal hal ini bisa membantu untuk mendorong makanan masuk ke kerongkongan. Namun apakah pemikiran tersebut sudah benar? Mari kita dengar pendapat para ahli.

“Sebenarnya kita tak perlu banyak minum saat makan. Sebab makanan yang kita cerna pun mengandung air yang bisa menghidrasi tubuh dengan baik. Air ini juga bermanfaat sebagai pelumas alami bagi dinding usus sehingga makanan tetap tercerna dengan baik,” terang penelitian yang dilansir dari boldsky.com.

Namun, jika masih sering minum air putih ketika sedang makan, maka inilah bahayanya bagi kesehatan.

Melemahkan asam klorida

Menurut penelitian, perut mengandung asam klorida yang penting untuk memecah makanan yang kita konsumsi. Ketika kita menelan air bersamaan dengan makanan, air akan menipiskan kandungan asam klorida dalam perut. Hasilnya kita bisa mengalami masalah pencernaan.

Menyebabkan sembelit

Tak selamanya asupan air minum dalam pencernaan itu sehat. Sebab jika terlalu banyak minum, maka perut juga lelah dalam mencernanya dan kemudian menyebabkan sembelit.

Mengganggu sistem pencernaan

Para ahli kesehatan mengatakan bahwa makan dan minum yang dilakukan secara bersamaan bisa mengakibatkan perut kembung dan gangguan pencernaan lainnya. Oleh karena itu disarankan untuk minum air yang cukup sekitar setengah jam sebelum makan dan dalam kurun waktu satu jam setelah makan. Tindakan ini berguna untuk mencegah pembentukan gas yang mengakibatkan perut menjadi kembung.

Nah, daripada kita mengalami gangguan pencernaan karena minum di tengah-tengah makan, lebih baik minumlah segelas air hangat sebelum makan. Tindakan ini malah bisa menghindarkan kita dari kegemukan sebab perut jadi terasa penuh dan kita tidak berlebihan dalam mengonsumsi makanan.

 

Komentar

Check Also

Gedung Baru pada perayaan Milad ke-37 RSI Faisal

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Dalam perayaan Milad ke 37  tahun Rumah sakit Islam Faisal Gubernur Sahrul …

Share This