Home / NEWS / MAKASSAR / Ceramah kesehatan bahaya virus Ebola dan Zika oleh Diskes Lantamal VI

Ceramah kesehatan bahaya virus Ebola dan Zika oleh Diskes Lantamal VI

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR –  Dinas Kesehatan Pangkalan Utama TNI AL VI (Diskes Lantamal VI ) memberikan ceramah kepada seluruh Prajurit dan PNS Lantamal VI tentang upaya pencegahan penyakit virus Ebola dan Zika di Gedung Sultan Hasanuddin Mako Lantamal VI  Makassar,  Kamis (19/01).

Menurut Kadiskes Lantamal VI Letkol Laut (K) Joko Haryono, ceramah tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk menjelaskan pentingnya serta mensosialisasikan bahaya  virus Ebola dan Zika serta yang rentan terkena Ebola adalah tenaga medis.

Ceramah mengenai virus Ebola dan Zika disampaikan oleh dr. Darmawali Handoko, M.Epid  yang dalam kesehariannya bekerja sebagai Kepala Kantor kesehatan pelabuhan kelas I Makassar.

Pemberi ceramah menjelaskan virus Ebola  adalah  suatu virus yang menyerang sistem peredaran darah dan dapat menyebabkan Demam Haemorraghic Ebola. Penderita akan mengeluarkan darah hampir diseluruh bagian tubuhnya sehingga penderita  dapat  meninggal akibat  kekurangan darah.

Baca Juga:   Survei LSI : 60,11% Masyarakat Ingin Adnan IYL Kembali Pimpin Gowa di Pilkada 2020

Penularan penyakit ini tidak melalui udara tetapi melalui kontak atau sentuhan dgn kulit/cairan tubuh pasien yang  terinfeksi (darah, air liur, keringat, cairan sperma ataupun cairan tubuh yang lain), pola hidup tidak sehat serta sistem kekebalan tubuh yang lemah , jelas penceramah.

Lebih lanjut penceramah memberikan pengetahuan tentang bahaya infeksi virus Zika .

Virus Zika terjadi melalui perantara gigitan nyamuk Aedes, terutama spesies Aedes aegypti.

beberapa gejalanya seperti demam, nyeri sendi, konjungtivitis (mata merah), dan ruam. Gejala-gejala penyakit Zika dapat menyerupai gejala penyakit dengue dan chikungunya, serta dapat berlangsung beberapa hari hingga satu minggu.  Sampai dengan sekang virus Zika belum ada vaksinnya. Ujar  dr. Darmawali Handoko mengakhiri ceramahnya.

Acara yang diikuti seluruh anggota militer dan PNS Lantamal VI ini juga diisi dengan tanya jawab dari para peserta ceramah yang berlangsung dengan antusias.

Komentar

Check Also

Bakal Calon Wali Kota Makassar, Ismak Bahas Isu Lingkungan

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Bakal calon Wali Kota Makassar Muh Ismak, hadir dalam diskusi bertema “Ngobrol …