Home / NEWS / Googling di Android tanpa pakai internet? Begini Caranya!

Googling di Android tanpa pakai internet? Begini Caranya!

MEDIAWARTA.COM – Tiap hari kita tidak bisa lepas dari internet, dimana kebutuhan sehari-hari kita sangat tergantung dengan internet, mulai daric hating, video call, social media dan googling.

Agar dapat mengatasi permasalahan penggunanya, Google menghadirkan fitur baru, yang menyediakan pencarian dengan mode offline pada aplikasi Google Search pada Android. Bukan pada browser internet, melainkan di Google Search yang biasanya terdapat di deretan atas halaman Home smartphone Android.

Dengan fitur ini anda bisa mencari informasi melalui google tanpa terkoneksi dengan internet atau anda dapat melakukan googling internet gratis.

Tapi, hasil pencarian yang akan muncul juga akan tertunda sampai berhasil terkoneksi kembali dengan internet. Google akan memberikan notifikasi kalo hasil pencarian dari kata yang dicari telah tersedia.

Nantinya cukup tekan notifikasi tersebut yang langsung otomatis akan dialihkan ke aplikasi Google.

Dengan begitu, informasi yang ingin diperoleh pun langsung tersedia. Tidak perlu lagi masuk secara manual dan mengetik ulang kata kunci.

“Dengan mode offline, hasil pencarian akan disimpan ketika Anda tidak mendapatkan koneksi, lalu akan diberikan ketika Anda sudah kembali terkoneksi,” tulis keterangan dalam blog resmi Google, seperti dikutip dari KompasTekno.

Baca Juga:   Pameran Wallacea Hadir di Atrium Nipah Mall

Mengeluarkan fitur offline seperti ini bukan pertama kalinya dilakukan oleh Google.

Sebelumnya, Google juga telah merilis fitur tanpa koneksi internet buat aplikasi Google Maps dan Google Translate.

Meskipun mekanisme offline pada fitur pencarian memiliki cara yang berbeda.

Fitur offline pada Google Maps dan Google Translate mengharuskan para pengguna buat mengunduh informasi lokasi atau terjemahan yang diras penting terlebih dulu. Pengguna bisa mengakses lokasi dan terjemahan yang sebelumnya telah diunduh setelah koneksi dimatikan.

Sedangkan mode offline pada Pencarian sedikit berbeda karena tidak memerlukan mekanisme pengunduhan, tapi lebih ke arah penundaan.

Meskipun tidak langsung mendapatkan informasi yang dicari ketika offline, mode ini diharapkan bisa mempermudah pengguna buat menelusuri segala informasi dengan cepat, segera setelah mendapatkan koneksi internet yang stabil.

Untuk menikmati fitur ini, anda harus memperbarui aplikasi Google di Android melalui Play Store terlebih dulu. Setelah itu cukup mencari pilihan ‘Settings’, dan pilih menu ‘Offline Search’ dan aktifkan ‘Always Retry Searches’.

Sumber: tribunnews

Foto: Internet

 

Komentar

Check Also

BELAJAR RENANG KINI SEMAKIN MUDAH DI FOUR POINTS MAKASSAR

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Berbicara mengenai aktivitas di hari senin tak akan lepas dari yang namanya …