Home / NEWS / MAKASSAR / Mahasiswa Teknik Sipil UMI Bakal Bentuk Study Club

Mahasiswa Teknik Sipil UMI Bakal Bentuk Study Club

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Muslim Indonesia (UMI) akan membentuk kelompok kelajar (study club). Kelopok belajar tersebut sebagai wadah pembelajaran dalam rangka meningkatkan kompentensi keilmuan dibidang Teknik Sipil.

Study Club ini bernama Pendel Study Club (PSC). Kata Pendel diambil dari nama study club yang aktif ditahun 1980-an.

Tentor PSC Mujahidin ST, mengatakan, Dekan Fakultas Teknik UMI DR Ir H Hanafi Ashad MT, dan Ketua Jurusan Teknik Sipil Ir Alimin Gecong MT, sangat mengapresiasi pembetukan study club ini. “Kegiatan yang akan kita buat ini bisa membantu adik-adik mahasiswa dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan terkait dengan disiplin ilmu,” ucapnya di Kampus UMI, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (7/1/2017).

Ketua PSC Ricky Faldi mengemukan, tujuan pembentuk PSC ini yaitu untuk meningkatkan pengetahuan dan kreatifitas dalam bidang akademik, menyenggarakan pelatihan dan kegiatan rutin yang bersifat keilmuan dalam bidang teknik sipil. “Membentuk Pemuda yang Alim Faqih, Berakhlaqulkarimah, dan Madiri,” ucapnya.

Ricky menuturkan kriteria anggota yang ingin bergabung di PSC harus loyal, yang ingin belajar, dan ingin tahu. “Kita tidak membutuhkan orang yang harus pintar, intinya disini dia harus disiplin, loyal dan mau belajar,” sambungnya.

Baca Juga:   Survei LSI : 60,11% Masyarakat Ingin Adnan IYL Kembali Pimpin Gowa di Pilkada 2020

Ketua Divisi Kegiatan Mahasisiwa PSC Zulfadli Ibrahim menjelaskan, program inti yang akan dilaksanakan oleh PSC ini, yaitu materi rencana konstruksi yang sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI). “Memberikan gambaran tentang tahapan perencanaan yang dimulai dari metode pengumpulan data, survei lokasi perencaan, melakukan penyidikan tanah untuk mengetahui jenis pondasi yang digunakan, dan menetukan permodelan struktur,” katanya.

Fadli menambahkan, dalam tahapan pembelajaran permodelan struktur menggunaka program aplikasi desain, seperi Autocad, Sketchup dan Program analisa struktur SAP2000. Perhitungan volume pekerjaan dan belajar menghitung rencana anggaran biaaya. “Ini merupakan tahapan-tahapan perencanaan yang baik dan benar diharapkan para anggota PSC ini bisa memahami dan dapat menjadi perencana yang profesional khususnya dibidang teknik sipil,” jalasnya.

Fadli berharap, para anggota PSC tetap antusias dalam mengituti pelatihan, tetap semangat, dan solid.

Komentar

Check Also

Bakal Calon Wali Kota Makassar, Ismak Bahas Isu Lingkungan

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Bakal calon Wali Kota Makassar Muh Ismak, hadir dalam diskusi bertema “Ngobrol …