Indira ingin berkolaborasi dengan Parepare kembangkan Potensi Kerajinan

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Makassar Indira Yusuf Ismail bertandang ke Rumah Jabatan (Rujab) Walikota Parepare, Jumat (17/2/2017).

Indira yang juga Ketua TP PKK Kota Makassar diterima langsung ketua ‎Dewan Kreatif Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Parepare Erna Rasyid Taufan.

Dalam pertemuan tersebut, Indira dan Erna ingin mengembangkan potensi kerajinan yang ada di daerahnya masing-masing untuk dikembangkan.

Kedepannya Dekranasda kota makassar dan Dekranasda kota Parepare akan berkolaborasi mengembakan kerajinan tangan.

“Kita akan mengembangkan kerajinan enceng gondok dan juga kerajinan kerang, dimana selama ini Dekranasda Kota Makassar sudah memanfaatkannya menjadi barang bernilai ekonomis”, ucap Indira.

“Saat ini di Makassar, Eceng Gondok sudah diolah menjadi aneka produk kerajinan seperti Keranjang, Tempat Sampah, Bantal Kursi, Alas Piring, Tikar, Sajadah, Kotak Makanan, Sendal, Taplak Meja, dan Tas Tangan,” Ujar Indira

Ketua Dekranasda Kota Parepare Erna Rasyid Taufan, juga sudah mengembangkan kerajinan kerang.

“Kerajinan yang sudah kita olah selama ini dihasilkan para pengerajin Parepare, utamanya kerajinan laut (kerang) yang di olah menjadi Sokkong Bayu (aksesoris untuk menari) dan Sappi,” tuturnya.

Maka atas dasar itu, kedepan, kami ingin menjalin kerjasama dengan kota Makassar untuk melakukan kegiatan pelatihan dan pembinaan terhadap kelompok-kelompok pengrajin dalam hal peningkatan nilai tambah produk, ungkap Erna.

Comment