Home / KESEHATAN / Ibu Menyusui Dilarang Merokok, ini faktanya! 

Ibu Menyusui Dilarang Merokok, ini faktanya! 

MEDIAWARTA.COM – Sudah banyak wanita mengetahui tentang bahaya rokok bagi kesehatannya. Apa lagi saat kondisi sedang menyusui wanita perokok dilarang untuk mengonsumsi rokok karena bisa membawa dampak yang sangat buruk untuk bayi.

Merokok saat menyusui ternyata mampu menyebabkan produksi ASI berkurang. Ini akan menyebabkan si bayi kekurangan asupan ASI. Kekurangan air susu ini ternyata disebabkan oleh senyawa kimia yang terkandung dalam rokok dapat mengurangi prolaktin yang mengakibatkan berkurangnya produksi ASI. Berkurangnya prolaktin dalam tubuh ibu yang sedang menyusui juga dapat mengakibatkan berkurangnya kemampuan ibu untuk menenangkan bayi saat mereka menangis.

Bayi yang mendapat ASI dari ibu perokok juga akan mudah terserang berbagai macam penyakit. Penyakit yang paling sering dialami adalah gangguan saluran pernapasan yang dapat berujung pada kanker paru-paru. Selain itu berbagai gangguan pencernaan seperti kram perut, mual-mual, hingga diare pun berisiko menyerang bayi dari ibu menyusui yang merokok.

Intensitas ibu merokok sangat tinggi bisa mengakibatkan SIDS atau Sudden Infant Death Syndrom yakni bayi meninggal dunia secara tiba-tiba saat sedang terlelap tidur. Jadi kesimpulannya, merokok memang sangat dilarang demi kesehatan si bayi. Jika suami seorang perokok, alangkah baiknya agar tak merokok saat dekat ibu menyusui atau si bayi.

Sumber : vemale

Komentar

Check Also

Stop kebiasaan keseringan menggosok gigi, kenapa?

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Tingkat kepedulian dan Pemahaman masyarakat Indonesia mengenai kesehatan gigi masih sangat minim. Berdasarkan …

Share This