Home / NEWS / MAKASSAR / Ketua Korcab VI ingatkan bahaya kanker payudara

Ketua Korcab VI ingatkan bahaya kanker payudara

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Ketua Korcab VI Daerah Jalasenastri Armada Timur (DJAT) Ny. Endang Yusup mengingatkan bahaya Kanker payudara kepada anggota Jalasenastri saat melakukan pemerikasaan Mamografi dan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Daya Makassar Rabu 08/03/2017.

Ketua Korcab VI DJAT menghimbau kepada anggotanya agar mengenali sejak dini gejala-gejala kanker payudara dengan rajin memeriksa dengan teknologi Mamografi. Kanker payudara merupakan salah satu penyakit kanker yang bisa mematikan penderitanya.

Pemeriksaan Mamograf di RSUD Daya Makassar ini merupakan rangkaian kegiatan menyambut HUT Dharma Pertiwi yang ke 53 pada 16 April nanti.

Dr. Andarias Tambolong Spesialis Radiologi di RSUD Daya Makassar saat menemui kunjungan pengurus Dharma Pertiwi mengatakan Mamografi adalah merupakan pemeriksaan secara radiagrafis dari kelenjar payudara untuk mendeteksi secara dini semua kelainan yang ada pada payudara bahkan sampai pada kemungkinan untuk membedakan tumor yang bersifat ganas dan tidak ganas

Pemeriksaan mamografi merupakan teknologi dengan sinar X yang digunakan untuk memeriksa kondisi kesehatan payudara, cara ini dapat memeriksa pengapuran atau tumor pada payudara, atau tidak ditemukannya gejala kanker payudara.

Baca Juga:   Film Mappacci Bakal Bikin Baper di Tahun Depan

Sementara itu kepala RSUD Daya Makassar Dr. Ardin Sani, M. Kes menyambut baik kunjungan Dharma pertiwi ke RSUD ini. Beliau juga mengatak siap melayani jika ibu-ibu pengurus Dharma Pertiwi mau datang untuk melakukan pemeriksaan Mamografi.

Di tempat terpisah pengurus Dharma Pertiwi Daerah G juga melaksanakan Pemeriksaan IVA (Inpeksi Visual dengan Asam Asetat).

IVA adalah pemeriksaan servik dengan melihat langsung servik setelah memulas servik dengan larutan asam asetat 3 – 5 %. Bila setelah pulasan asam asetat 3 – 5 % ada perubahan warna, yaitu tampak bercak putih, maka kemungkinan ada kelainan tahap pra kanker. Wanita yang dianjurkan untuk tes IVA yaitu usia 30 – 50 tahun.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Ketua dan pengurus Dharma Pertiwi Daerah G Makassar.

Komentar

Check Also

Bakal Calon Wali Kota Makassar, Ismak Bahas Isu Lingkungan

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Bakal calon Wali Kota Makassar Muh Ismak, hadir dalam diskusi bertema “Ngobrol …