Home / Berita Terpopuler / Cara mengawetkan santan segar dengan Smart Comic

Cara mengawetkan santan segar dengan Smart Comic

MEDIAWARTA.COM, MALANG – kreatifitas mahasiswa Brawijaya dalam menemukan cara mengawetkan santan segar patut diberi apresisi mengingat teknologi tepat guna sangat dibutuhkan masyarakat.

Santan adalah emulsi minyak dalam air yang berwarna putih, yang diperoleh dengan cara memeras daging kelapa segar yang telah diparut atau dihancurkan dengan atau tanpa penambahan air. Santan pada umumnya diumumkan untuk bahan campuran masak dan pembuatan kue.

Proses untuk mendapatkan santan cukup merepotkan, sementara pada saat ini masyarakat menuntut suatu kepraktisan. Disamping itu santan mempunyai kendala sangat mudah rusak karena kandungan air, lemak dan protein yang cukup tinggi sehingga mudah ditumbuhi oleh mikroorganisme pembusuk.

Santan yang tidak diberi perlakuan akan cepat rusak biarpun disimpan pada suhu dingin, hal ini karena mikroba santan memiliki waktu generasi yang singkat yaitu 232 menit pada suhu 10oC dan 44 menit pada suhu 30oC. Pengawetan secara thermal sulit diterapkan pada santan, karena santan tidak dapat disterilisasikan dengan pemanasan sebagaimana dilakukan terhadap produk yang lain. Hal ini disebabkan santan mengalami koagulasi jika dipanaskan diatas suhu 80oC, dan aroma (flavor) kelapa yang harum sebagian besar akan hilang. Namun saat ini permasalahan tersebut dapat diatasi dengan alat canggih bernama SMART COMIC buatan mahasiswa brawijaya.

Apa benar santan bisa lebih tahan lama di ruang terbuka? Yap, dengan perpaduan sterilisasi menggunakan mesin berbasis sinar ultraviolet dan gelombang ultrasonik santan segar dapat bertahan hingga satu minggu di ruang terbuka. Mesin tersebut dibuat oleh lima mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya.

Lima Mahasiswa tersebut adalah Pangestu Riski, Firman Ichsan, Ariful Hanan, Musyaroh, dan Viga Dwi Andrian. Mereka membuat mesin sterilisasi santan karena selama ini tingkat konsumsi santan di Indonesia sangat tinggi. Hampir setiap rumah tangga, bakery, rumah makan, maupun hotel di Indonesia menggunakan salah satu bahan pangan ini. Dan disisi lain masyarakat juga menginginkan adanya santan segar yang dapat meningkatkan cita rasa makanan yang dibuat. Oleh karena itu kelima mahasiswa Universitas Brawijaya terpikir untuk membuat mesin sterilisasi santan tersebut.
Santan biasa hanya mampu bertahan 4-5 jam saja jika tidak di sterilkan. Sedangkan santan instan dalam kemasan yang ada di pasaran memang sangat awet, namun keawetan ini berasal dari zat pengawet kimia yang berbahaya bagi tubuh. Selain itu rasa yang dihasilkan santan instan tidak sama dengan santan yang biasa diperas sendiri di rumah.

Baca Juga:   Honda Persiapkan Pebalap Binaan Asal SulSel Hadapi Ajang Ketahanan Dunia

Tingginya permintaan pasar terhadap santan berkwalitas dan juga awet inilah yang membuat kami akhirnya memutuskan untuk menciptakan alat ini.
Mesin yang dibuat oleh Pangestu Riski, Firman Ichsan, Ariful Hanan, Musyaroh, dan Viga Dwi Andrian tersebut diberi nama SMART COMIC (Smart Coconut Milk Sonication). Project pembuatan mesin ini merupakan hasil pendanaan PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA dari KEMENRISTEK DIKTI tahun 2017 bidang Karsa Cipta. Kelima mahasiswa tersebut dibimbing oleh salah satu dosen dari Jurusan Keteknikan Pertanian yang bernama Ibu Dewi Maya Maharani, STP, M.Sc. Pangestu Riski menyebutkan bahwa tim ini terbentuk dari kolaborasi antar dua jurusan dimana Pangestu Riski, Firman Ichsan, dan Ariful Hanan berasal dari jurusan Keteknikan Pertanian sedangkan Musyaroh dan Viga Dwi Andrian berasal dari Jurusan Teknologi Industri Pertanian.
Mesin SMART COMICS terdiri dari beberapa bagian yaitu tangki input, tangki proses, dan tangki output, serta tombol control. Cara penggunaan mesin SMART COMIC diawali dengan pemasukan santan cair pada tangki input kemudian penekanan tombol power maka santan akna mengalir menuju ruang sterilisasi 1 yaitu ruang Sinar UV dan selanjutnya mengalir pada ruang sterilisasi 2 (ruang termosonikasi).

Adanya sinar UV dan gelombang ultrasound pada mesin ini dapat merusak DNA mikroorganisme yang terdapat pada santan sehingga santan menjadi lebih steril. Proses sterilisasi santan menggunakan mesin SMART COMIC membutuhkan waktu 15 menit. Keunggulan dari mesin sterilisasi ini adalah menggunakan sistem control sehingga alat dapat bekerja secara otomatis. SMART COMIC dilengkapi dengan control waktu dan suhu. Selain itu mesin ini juga dirancang secara sederhana dengan komponen (bagian-bagian) yang mudah untuk dibuka atau dilepas sehingga perawatan mesin ini dapat dilakukan dengan sangat mudah. Adapun frekuensi yang digunakan untuk membunuh mikroorganisme yang terdapat pada santan sebesar 40 kHz.

Komentar

Check Also

Malltronik Luncurkan Aplikasi, Rangkul 1 Juta Pengusaha

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Menyikapi trend belanja online yang kian marak belakangan ini, Malltronik, sebuah perusahaan …

Share This