Home / KESEHATAN / Minuman bersoda ternyata dapat menyebabkan kemandulan

Minuman bersoda ternyata dapat menyebabkan kemandulan

MEDIAWARTA.COM – Minuman bersoda hampir tidak bisa terpisahkan dari gaya hidum modern karena hampir disetiap kesempatan dan tempat biasanya menyediankan minuman bersoda. Tapi tahukah anda minuman bersoda ternyata dapat meyebabkan kemandulan?.

Gaya hidup di era modern ini memang terkenal kurang sehat, terutama dengan makanan Junk food yang sudah booming dimana – mana. ketika menyantap junk food dibarengi dengan soft drink bersoda merupakan hal yang biasa.

Dikutip dari babatpos, Minum soda memang manis menyegarkan. Namun minuman ini bisa menjadi kabar buruk bagi kamu yang sedang merencanakan kehamilan. Sebab berlebihan minum soda bisa merusak kesuburan.

“Soda mengandung pemanis buatan, aspartam yang bisa mengganggu sistem endokrin dan menyebabkan ketidaksimbangan hormon, terutama pada wanita,” terang Arvind Vaid, seorang ahli IVF di India.

“Kandungan asam fenilalanin dan aspartat dalam minuman bersoda bisa merangsang pembangkitan radikal bebas yang menyebabkan kematian sel. Dan karena sperma atau sel telur merupakan sebuah sel, maka bisa terjadi kematian sel saat kamu minum soda secara berlebihan,” lanjutnya.

Baca Juga:   Cara Paling Aman Menyelamatkan Diri dari Gempa Bumi

“Asam dalam minuman bersoda mampu mengubah tingkat pH tubuh. Hal ini dapat merugikan sel sperma yang menurunkan kualitas, bentuk, serta kuantitasnya.”

Selain faktor tersebut, kandungan kafein serta fruktosa dalam soda dikenal sebagai vasokonstriktor yang bisa mengurangi aliran darah uterus yang kemudian mempengaruhi siklus menstruasi, hormon seks, reseptor hormon, dan kemudian menyebabkan infertilitas pada wanita.

“Karena soda kebanyakan ada di dalam kemasan plastik atau kaleng, kandungan BPA dalam kemasan ini juga patut diwaspadai karena bisa mengurangi kualitas air mani pria,” tutupnya

Komentar

Check Also

Gedung Baru pada perayaan Milad ke-37 RSI Faisal

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Dalam perayaan Milad ke 37  tahun Rumah sakit Islam Faisal Gubernur Sahrul …

Share This