Home / NEWS / SULSEL / Daeng Ical resmikan kantor baru Dompet Dhuafa Sulsel

Daeng Ical resmikan kantor baru Dompet Dhuafa Sulsel

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Bapak Wakil Walikota Makassar, Dr. Syamsu Rizal MI, S.Sos. M.Si yang akrab disapa daeng Ical meresmikan kantor baru Dompet Dhuafa Sulsel di  halaman kantor Dompet Dhuafa Sulawesi Selatan  yang beralamat di  Ruko Pettarani Indah  Jl. A.P Pettarani No. 33 Kav. 1, Makassar (15 Juni 2017)

Peresmian Kantor Dompet Dhuafa Sulsel ditandai dengan penguntingan pita oleh Wakil Walikota Makassar, Dr. Syamsu Rizal MI, S.Sos. M.Si  didampingi GM Pengjar Dompet Dhuafa Pusat, Romi Ardiansyah, dan Kepala Cabang Dompet Dhuafa Sulawesi Selatan, Andriansyah

Selain tasyakuran kantor baru Dompet Dhuafa Sulsel, juga dirangkaikan buka puasa bersama dhuafa yatim, soft launching Kampung Ternak milik Dhuafa, penyerahan bingkisan dhuafa, maupun penyerahan parcel lebaran untuk dhuafa.

Dengan peresmian tersebut diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat menjadi lebih baik bagi kaum dhuafa. Dengan adanya Dompet Dhuafa dapat bersinergi  dalam mewujudkan kebaikan.

“Keberadaan Dompet Dhuafa Sulawesi tentu saja menjadi sebuah kerberkahan dan sangat bermanfaat untuk  masyarakat Sulawesi Selatan terkusus di Indonesia timur dan tentu saja untuk kota Makassar,” kata Syamsu Rizal dalam sambutannya.

“Dompet Dhuafa Sulsel sebagai lembaga zakat dapat bersinergi dengan semangat kebaikan dan kepedulian.  Adanya program-program pemberdayaan dapat mengubah kaum dhuafa menjadi lebih berdaya.” Harap Daeng Ical sapaannya

GM Pengembangan Jaringan  Dompet Dhuafa Pusat, Romi  Ardiansyah mengatakan, kehadiran kantor baru Dompet Dhuafa semakin dekat dengan masyarakat, baik donatur maupun penerima manfaat.

Dompet Dhuafa berkomitmen untuk terus bekerja di tengah-tengah kaum dhuafa, di tengah masyarakat yang kekurangan untuk berjuang agar mewujudkan kesejahteraan mereka melalui pendayagunaan dana zakat, infak, sedekah dan wakaf (Ziswaf).

“Dompet Dhuafa  menjadi bagian dari masyarakat sebagai pemberdaya, sebagai pendamping, sebagai sahabat bagi semua masyarakat dalam melaksanakan tugas-tugas kemanusiaan, mewujudkan suatu masyarakat yang lebih mandiri” ujar Romi

Kantor Baru Dompet Dhuafa Sulsel, tempat berlangsungnya tasyakuran tersebut merupakan tempat umat menunaikan kewajiban zakat  dan amal kebajikan infak, sedekah, maupun wakaf (ziswaf).  Dompet Dhuafa mengelola Dana ZISWAF yang terhimpun disalurkan dalam beragam bentuk program dibidang sosial, pendidikan, kesehatan dan pemberdayaan ekonomi.

Dompet Dhuafa sebagai lembaga yang menginspirasi masyarakat dan terus meningkatkan grafik kebaikan di masyarakat. Berbagai program yang bergulir menunjukkan bahwa dana zakat dapat memberikan pengaruh dan perubahan hidup seseorang agar lebih baik. Semua itu dapat terlaksana dengan baik berkat dukungan dana dari para donatur dan mitra serta pengelolaan organisasi yang profesional dan transparan.

Dompet Dhuafa akan terus bekerja di tengah kaum dhuafa, merajut peradaban zakat mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Dompet Dhuafa senantiasa melayani agar hati yang peduli dapat berbagi untuk bantu sesama.

Sementara  itu, di bidang Ekonomi Dompet Dhuafa telah melakukan pemberdayaan berupa program social trust fund (STF), Rumah Produksi, dan Kampung Ternak Milik Dhuafa.

Selain tasyakuran kantor baru Dompet Dhuafa Sulsel dan buka puasa bersama, Dompet Dhuafa juga  melakukan Soft Lunching program Kampung Ternak Milik Dhuafa. Sebanyak 40 Ekor kambing diserahkan secara simbolis oleh Wakil Walikota Makassar, Deng Ical didampingi GM Pengjar Dompet Dhuafa, Romi Ardiansyah, dan Kepala Cabang Dompet Dhuafa Sulawesi Selatan, Andriansyah kepada penerima manfaat pemberdayan peternakan untuk kaum dhuafa.

Program Kampung Ternak Milik Dhuafa merupakan salah satu dari tiga program pemberdayaan ekonomi untuk dhuafa sebagai pendayagunaan dana Zakat yang dikelola oleh Dompet Dhuafa Sulsel. Kampung ternak ini juga berdiri diatas tanah wakaf dari donatur Dompet Dhuafa Sulsel. Para Peternak Dhuafa dibekali pelatihan dan pendampingan secara berkelanjutan, sebagai upaya peningkatan kapasitas Peternak Dhuafa baik dari skill beternak hingga pengembangan usaha produktif peternakan.

Saat ini sudah ada 8 orang Penerima Manfaat (PM) dalam program Kampung Ternak. Sebanyak 40 ekor Kambing kemudian digemukkan dan dikembangbiakkan oleh Penerima Manfaat dhuafa yang didampingi Dompet Dhuafa Sulsel.  Setiap peternak memperoleh sebanyak 2-3 induk betina dan satu ekor bakalan (pejantan). Penerima manfaat yang bergabung dalam program kampung ternak ini adalah masyarakat dhuafa yang berada di sekitar wilayah program yang berlokasi Kampung Ternak Milik Dhuafa di Jl. Macanda, 700 meter dari kampus UIN Alauddin, Samata, Gowa.

Selain tasyakuran dan berbuka puasa bersama 208 dhuafa  yatim dan soft  launching Kampung Ternak, Dompet Dhuafa Sulsel juga memberikan penyerahan Parcel Lebaran Dhuafa dan Bingkisan Yatim kepada penerima manfaat (PM) secara simbolis juga diserahkan oleh Wakil Walikota Makassar, Dr. Syamsu Rizal MI, S.Sos. M.Si  didampingi GM Pengjar Dompet Dhuafa Pusat, Romi Ardiansyah, dan Kepala Cabang Dompet Dhuafa Sulawesi Selatan, Andriansyah kepada penerima manfaat yang terdiri dari 108 paket parcel lebaran dan bingkisan dengan rincian penerima manfaat yang terdiri dari 5 penerima manfaat program Sosial Trust Fund (STF), 3 penerima manfaat Layanan Kesehatan Cuma-cuma (LKC), 4 penerima manfaat Smart Ekselensia, 69 orang dhuafa yatim,10 muwajih Forum Halaqah Qur’an (FHQ), 8 penerima manfaat Kampung Ternak (Kater), 3 penerima manfaat rumah Produksi, 10 penerima manfaat (School of Master Teacher (SMT).

Komentar

Check Also

Pesantren ramadan di lapas kelas II B Enrekang

MEDIAWARTA.COM, ENREKANG – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Enrekang dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) …

Share This