Home / NEWS / MAKASSAR / Program JKN-KIS, BPJS Kesehatan Cabang Makassar cover lebih 2 juta jiwa

Program JKN-KIS, BPJS Kesehatan Cabang Makassar cover lebih 2 juta jiwa

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – program JKN-KIS untuk BPJS kesehatan kantor cabang Makassar yang mencakup empat kabupaten yakni Kabupaten Maros, Pangkep, Gowa dan Takalar terus mengalami peningkatan yang signifikan. Jumlah peserta BPJS Kesehatan Cabang Makassar hingga 30 Juni 2017 mencapai 2.450.618 jiwa. Jumlah tersebut termasuk peserta yang didaftarkan dan diintegrasikan dengan program JKN-KIS oleh pemerintah Kota Makassar sebanyak 157.289 jiwa, Pemerintah Maros sebanyak 61.921 jiwa, Pemerintah Daerah Pangkep sebanyak 89.751 jiwa, dan Pemeeintah Daerah Takalar sebanyak 60.334 jiwa.

Pertumbuhan jumlah fasilitas kesehatan sangat mempengaruhi jumlah perumbuhan peserta JKN-KIS. Sampai saat ini KCP Makassar telah menjalin kerjasama dengan 326 fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP), yang terdiri atas 123 Puskesmas, 60 Dokter Praktek Perorangan, 31 Dokter Gigi Perorangan dan 112 klinik pertama yang terbagi atas 75 Klinik Pertama Swasta, 12 Klinik POLRI, 25 Klinik TNI. Selain itu PBJS Kesehatan Cabang Makassar juga bekerjasama dengan 43 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL) yang terdiri dari 37 Rumah Sakit (termasuk 6 klinik utama), 31 Apotik, serta 12 Optik.
“Kedepan diharapkan peran dan dukungan penuh dari pemerintah baik kota maupun Kabupaten dengan memperkuat regulasi terkait kepatuhan pengusaha dan masyarakat dalam kepesertaan JKN-KIS, serta cakupan kepesertaan yang makin luas sehingga terwujud Universal Health Coverage atau cakupan semesta di tahun 2019”, ungkap Kepala BPJS Kesehatan Cabang Makassar Unting Patri Wicaksono Pribadi, saat kegiatan public Expose Capaian Kinerja BPJS Kesehatan Cabang Makassar, di Kota Makassar.(22/8/2017)

Baca Juga:   ziarah nasional ke taman makam pahlawan

Peningkatan pelayanan yang sangat dirasakan dengan hadirnya inovasi dari segi pelayanan yakni masyarakat dapat melakukan pendaftaran di Kantor Cabang, Kantor Layanan Kabupaten/Kota, Website dan Bank mitra yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, kini pendaftaran dapat juga dilakukan melalui BPJS Kesehatan Care Center 1500-400.
BPJS Kesehatan juga mengembangkan pendaftaran melalui Sistem Dropbox di kantor Cabang BPJS Kesehatan, Kantor Kelurahan, dan Kantor Kecamatan, Pendaftara melaui PPOB/mitra kerja BPJS Kesehatan, melaui kader JKN serta pendaftaran melaui aplikasi JKN.

***

Komentar

Check Also

The NextDev Academy 2017 mampu menginspirasia anak muda

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Di tahun 2017  Telkomsel kembali menggelar program The NextDev untuk mendorong terwujudnya ekosistem …

Share This