Home / KECAMATAN RAPPOCINI / Teknologi menunjang peningkatan aktifitas manusia

Teknologi menunjang peningkatan aktifitas manusia

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR –

Map Google ialah salah satu fitur nan ditawarkan Google pada pengguna internet. Map Google menjadi penemuan terbaru dalam sejarah teknologi Internet. Map Google nan digabungkan dalam paket Google Chrome. Map Google tidak hanya menayangkan peta kota-kota terkenal di global saja. Melainkan seluruh permukaan bumi sudah di sisir langsung melalui penginderaan jeda jauh via satellite.

Map Google merupakan feature peta nan disediakan cuma-cuma oleh Google buat pengguna internet, map Google bisa dibuka dengan menggunakan berbagai gadget seperti laptop, netbook, asalkan terkoneksi dengan jaringan internet. Ataupun telpon seluler dengan generasi 3 G. Bahkan, HP Nokia menggunakan map Google buat dikalibrasikan dengan GPS mobile. Map Google menyajikan peta virtua nan dapat digeser menggunakan kursor dan memungkinkan pengguna internet dapat mencari loka dengan bantun fitur nan ada. Map Google ternyata disenangi oleh banyak pengguna internet buat berbagai keperluan. Misalnya mencari alamat, menentukan jalur perjalanan darat dan lain sebagainya.

Map Google menjadi bermanfaat jika dikalibrasikan dengan dunia postioning sistem / GPS. Map Google menawarkan sistem membaca kordinat secara tepat, nan menjadikan pengguna Map Google dapat tahu letak posisi loka nan dituju.

Fungsi Map Google

Map Google di luncurkan ke publik niscaya memiliki berbagai fungsi nan dapat digunakan oleh siapa saja. Berikut ini klarifikasi fungsi-fungsi map Google.

1. Mencari loka

Salah satu fungsi primer Map google ialah mencari loka dengan mudah. Keunggulan mencari lokasi pada map Google selain lebih cepat dan presisi. Karena dilengkapi dengan kordinatnya. Jadi lokasinya lebih tepat. Map Google dibuat berdasarkan foto satellite sehingga penampilan grafisnya lebih akurat. Peta Google dapat diatur dapat lebih kecil maupun dibesarkan.

2. Petunjuk jalan

Map Google menayangkan jalan-jalan secara jelas, lengkap dengan nama jalannya. Map Google mempermudah mencari jalan dan alamat, ketika Anda kesulitan mencari alamat teman atau saudara. Dengan membuka Map Google Anda dapat mencari petunjuk jalan menuju loka nan di inginkan tanpa harus bertanya kepada orang lain. Map Google bisa diandalkan saat pergi keluar daerah, bahkan keluar negeri sekalipun. Apalagi negara maju biasanya map Google menayangkan lebih detail.

3. Mengukur jeda tempuh

Fungsi lain map Google ialah dapat digunakan sebagai media buat mengukur jeda tempuh antar lokasi. Sehingga pengemudi mobil dapat memprediksi total waktu buat menjangkau loka nan dituju. Map Google terdapat feature lalu lintas, pada fitur ini Anda dapat mencari jeda tempuh tercepat dan dapat menghindari stagnasi pada jam sibuk.

4. Menempatkan lokasi bisnis

Salah satu fungsi map google ialah menunjang bisnis Anda. Dalam map google terdapat fasilitas link. Yang dapat dikaitkan dengan web comersial Anda. Jadi carilah lokasi bisnis Anda, kemudian ditandai , otomatif google map menampilkan titik koordinat pada lokasi nan sudah Anda tandai. Titik koordinat ini maka akan diterjemahkan kedalam bahasa java script. Bahasa java script tersebut dapat di copy paste pada halaman blog Anda. Nanti setelah di copas, lokasinya akan terlihat dibagian halaman blog maupun website.

Menu dalam Map Google

Dibanding map virtual lainnya, menu map Google tergolong lebih lengkap. Selain peta dengan gambaran dua dimensi, google map juga memiliki pilihan maps dengan gambaran tiga dimensi. Namun buat menjalankan map Google tiga dimensi diperlukan spesifikasi computer nan tinggi. Selain google maps, Google juga menyediakan google earth berupa foto satelit seluruh permukaan bumi. Jadi, bumi seolah-olah dapat dilihat dari pesawat angkasa. Kita dapat mengelilingi bumi dan mencari lokasi nan dituju dengan cara memutar-mutarkan virtua globe.

Kemudian, kalau sudah ketemu loka tujuan, tinggal diperbesar / zooming . Nanti secara berlahan terlihat foto kota nan diambil dari atas. Foto ini dapat diperbesar dan kecilkan. Gambar peta Nampak konkret sebab memang dipotret dari satellite.

1. Street view

Salah satu menu dalam google maps ialah street view. Maksud street view ialah fiture nan menampilkan foto-foto semua jalan nan ada di kota besar. Misalnya kita mencari foto jalan tamrin Jakarta. Nanti di sana map Google menampilkan citra foto sepanjang jalan tamrin, foto tersebut dapat dibelokan sesuka kita. Jadi seolah-olah kita sedang menyooting film.

2. Lokasiku

Lokasi ku merupakan feature nan paling sering dipakai. Menu ini menjadi petunjuk buat memudahkan orang lain mencari loka tinggal Anda. Apalagi jika Anda menjalankan bisnis, ini sangat bermanfaat buat memberitahukan kepada pelanggan Anda tentang loka usaha Anda. Jadi pelanggan tidak bingung lagi mencari loka usaha Anda.

3. Petunjuk arah transit

Salah satu menu Map Google ialah petunjuk Arah Transit. Menu ini sangat berguna jika Anda sedang bepergian jauh ke luar negeri misalnya. Pergi ke Amerika dengan pemberangkatan dari Indonesia, memerlukan 21 jam perjalanan dengan pesawat terbang. itu ternyata perlu tiga kali transit. Mempersiapkan perjalanan panjang, Anda harus tahu dahulu loka transit dan rute penerbangan nan akan Anda tempuh. Nah google map miliki feature negara mana nan loka transit Anda. Kalau penerbangan ke Amerika, transitnya di Singapura, kemudian di Tokyo dan melintas Samudera Pasifik menuju Amerika. Dan Rute pulangnya pun sama.

4. Latitude

Map Google juga dapat mencari lokasi berdasarkan titik koordinat, secara niscaya dan presisi. Latitude dan longitude memiliki fungsi buat mengukur jeda antara satu titik dengan dititik nan lain. Titik koordinat menjadi hal nan krusial saat membaca peta. Titik koordinat diterapkan dalam sistem navigasi pelayaran, dan penerbangan, di mana pun berada. Koordinat dalam peta juga dipakai saat melakukan pengungsian pengambilan korban, di tengah hutan dan pencarian di laut.

Oleh sebab itu, map Google sangat membantu kinerja tim SAR, pelaut dan penerbang. Maps Google menjadi alternative baru membaca peta digital.Mereka tidak dipusingkan lagi dengan lembaran-lembaran kertas. Pelaut atau tim SAR tinggal membawa gadget genggam berupa GPS atau telpon seluler nan memiliki feature google maps.

5. Lalu lintas

Fitur lalu lintas dalam google maps sangat membantu kita saat mengendari mobil di jalan alteri. Dalam google maps terdapat pilihan rute jalan alternative menghindari macet. Atau mencari rute tercepat menuju lokasi nan akan kita tuju.

Maps Viritual Selain Maps Google

Selain Google Maps dan Google Earth ternyata terdapat maps virtual lain nan patut dicoba. Berikut ini ulasan singkat tentang maps virtua nan dirilis oleh berbagai perusahaan IT:

1. Bing Maps

Guna menyaingi penguasaan Google dalam urusan peta, Microsoft pun tidak mau kalah membikin peta virtua, peta bikinan Microsoft dinamai Bing Maps. Bing Maps menawarkan berbagai peta global nan dapat diakses melalui bing.com. Awalnya, Bing.com itu ialah piranti browsing machine bikinan Microsoft, namun rupanya Microsoft tidak bigitu Berjaya merebut pangsa pasar browsing engine nan dikuasai oleh Google. Namun demikian Bing Maps patut diacungi jempol sebab memiliki fitur nan lumayan canggih, dan mudah dioprasionalkan.

2. A9 Maps

A9 Maps merupakan peta elektronik keluaran Amazone, situs belanja terbesar. A9 Maps dapat di- download buat diaplikasikan ke dalam gadget. A9 Maps memiliki feature, nama jalan, business location , dan sebagainya. Sebetulnya, masih banyak maps virtual nan tidak kalah menarik dengan map Google, nan patut Anda coba.

Komentar

Check Also

Satgas kebersihan Rappocini mendapatkan bantuan sembako dari Kapolda Sulsel

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Kapolda Sulsel Irjen Pol Muktiono, sarapan Bersama Satuan Tugas (Satgas) Kebersihan Kecamatan Rappocini dilanjutkan …

Share This