LINE CREATIVATE 2018 Hadir Kembali Dengan berbagai Kategori Kompetisi Untuk Kreator Indonesia

MEDIAWARTA.COM, JAKARTA – LINE Indonesia mengumumkan awal dari ajang kompetisi digital dan kreatif terbesar miliknya, LINE CREATIVATE. Memasuki tahun keempat, LINE CREATIVATE 2018 menghadirkan tampilan terbaru di bawah tema baru yaitu ‘BANGGA INDONESIA’. Bertujuan untuk meningkatkan relevansi dengan masyarakat lebih luas, LINE CREATIVATE 2018 berkomitmen untuk mempersembahkan konten yang lebih kaya, salah satu cara dengan memunculkan kategori kompetisi baru. Selain kompetisi LINE Sticker, LINE Webtoon, dan Chat Bot yang sudah ada, LINE CREATIVATE kini menghadirkan kompetisi LINE Shopping Business Competition dan LINE Today Video Creation.

“Tema tahun ini adalah kelanjutan dari tema-tema sebelumnya. Tahun lalu, di bawah tema ‘Unjuk Indonesia Kreatif’, kami ingin mendorong para pencipta untuk menunjukkan dan mengekspresikan kreatifitas mereka. Melalui ‘BANGGA INDONESIA’, kami berharap bahwa kami bisa memacu bukan saja para pencipta, tapi juga semua generasi muda Indonesia untuk merayakan dan mengapresiasi karya cipta dan pencapaian bakat-bakat Indonesia. Maka itu, kami akan menghadirkan konten yang lebih segar dan beraneka ragam, agar bergema ke lebih banyak orang,” kata Dale Kim, Managing Director LINE Indonesia.

Selain kompetisi yang disebutkan di atas, LINE CREATIVATE 2018 akan menyelengarakan LINE Let’s Get Rich World Championship sebagai bagian dari ajang ini, dengan demikian memunculkan enam kompetisi berbeda. “Dengan memperluas kategori kompetisi, kami berharap bahwa LINE CREATIVATE dapat menjaga posisinya sebagai kompetisi digital dan kreatif terbesar di Indonesia, selain sebagai wadah kreatif terpercaya bagi semua orang kreatif,” lanjut Dale Kim.

Tahun ini, Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) Indonesia sekali lagi memberikan dukungannya untuk LINE CREATIVATE 2018. “LINE selalu menjadi wadah kreatif penting yang membantu mengembangkan ekosistem kreatif Indonesia. LINE CREATIVATE juga sudah terbukti sebagai wadah yang sukses untuk mencari dan memupuk bakat-bakat lokal.

Dengan adanya kategori kompetisi baru, kami berharap bahwa lebih banyak bakat-bakat lokal bisa turut berpartisipasi di LINE CREATIVATE 2018,” kata Ari Juliano Gema, Deputi Fasilitasi Hak Kekayaan Intelektual dan Regulasi Badan Ekonomi Kreatif. BEKRAF sedang mendorong pemahaman akan pentingnya Hak Kekayaan Intelektual di antara para pencipta Indonesia. “LINE CREATIVATE merupakan platform yang tepat untuk memberikan pendidikan bagaimana Hak Kekayan Intelektual bisa menguntungkan dan membantu para pencipta dalam mengembangkan dan memperluas kreasi mereka,” kata Ari Juliano Gema.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, kompetisi-kompetisi ini akan berpuncak pada perayaan LINE CREATIVATE yang akan diselenggarakan pada 16-18 November 2018. Selain upacara penghargaan dan pameran, LINE Indonesia telah mempersiapkan konsep baru untuk perhelatan ini agar bisa mendorong pesan BANGGA INDONESIA di antara khalayak umum. Dengan konsep baru, LINE Indonesia berharap untuk memikat khalayak lebih luas untuk datang ke perayaan ini. Informasi lebih lanjut tentang perayaan ini akan diumumkan melalui berbagai kanal milik LINE Indonesia.

Periode pengumpulan karya kompetisi LINE CREATIVATE 2018 sebagian besar akan dimulai dari akhir Agustus sampai dengan akhir Oktober. Namun, untuk kompetisi Webtoon, akan dimulai pada tanggal 1 September. Untuk kompetisi Chat Bot, tenggat waktu pengumpulan akan lebih awal, yaitu 7 Oktober. LINE Let’s Get Rich World Championship memiliki tenggat yang berbeda, yaitu mulai dari 1 September – 18 November 2018. Informasi lebih lanjut mengenai kompetisi dan mekasnismenya dapat ditemukan di linecreativate.com dan LINE CREATIVATE Official Account. “Kami mengundang dan mendorong semua individu kreatif untuk ikut serta dalam kompetisi LINE CREATIVATE dan kami harap bahwa keseluruhan ajang LINE CREATIVATE bisa membangkitkan BANGGA INDONESIA,” kata Dale Kim.

Tentang Kompetisi LINE CREATIVATE 2018 

1. Kompetisi Komik LINE Webtoon

Periode kompetisi: 1 September – 31 Oktober 2018

Kali ini, kompetisi komik LINE Webtoon akan mengambil tema “Wanita Indonesia”, atau “Indonesian Women”, sebagai pengakuan terhadap hebatnya para perempuan Indonesia. Peserta kompetisi harus menciptakan tiga episode berturut-turut berisikan 30 panel per episode.

2. Kompetisi LINE Stickers

Periode kompetisi: 27 Agustus –31 Oktober 2018

Para pencipta harus merancang stiker bertemakan “Draw Your Feelings”. Karakter di stiker harus fleksibel untuk komunikasi sehari-hari dan memiliki konsep yang bisa dipahami oleh target audience.

3. LINE Chatbot Competition

Periode kompetisi: 27 Agustus – 7 Oktober 2018

Para developer bisa berpartisipasi di LINE CREATIVATE 2018 melalui kompetisi LINE Chatbot. Developer harus menciptakan chatbot menggunakan LINE Messaging API untuk platform LINE. Kompetisi ini dibagi ke dalam lima sub-kategori: Fun, Productivity, Knowledge, Student, Prototype.

4. Kompetisi Rencana Bisnis LINE Shopping

Periode kompetisi: 27 Agustus – 20 Oktober 2018

Kategori ini dikhususkan untuk wiraswata. Bertemakan “Made in Indonesia”, brand lokal bisa menyerahkan produk atau layanan mereka yang berada di bawah kategori kecantikan, fashion, dan gaya hidup untuk dipertimbangkan oleh para juri.

5. Kreasi Konten LINE Today

Periode kompetisi: 27 Agustus – 20 Oktober 2018

Peserta harus menciptakan video mp4 maksimum 60 detik bertemakan “This is Indonesia!” atau “Ini Indonesia!”. Video paling kreatif yang dikirimkan oleh individu, kelompok, atau institusi akan menang.

6. LINE Game Let’s Get Rich World Cup 2018

Periode kompetisi: 1 September – 18 November 2018

Ronde kualifikasi pertama akan berlangsung di September, dengan lomba final diselenggarakan pada hari ketiga (18 November 2018) perhelatan LINE CREATIVATE 2018. Dua pemenang terakhir akan mewakili Indonesia di Let’s Get Rich World Cup 2018 di Korea Selatan.

Comment