Konsolidasi di Palopo, Ketua LDII Ingatkan Hati-Hati menggunakan media Sosial

MEDIAWARTA.COM, PALOPO – Pengguna handphone selular di Indonesia mencapai angka 160 juta. Bila tidak digunakan secara bijak, tingginya angka penggunaan gawai atau telepon cerdas cenderung membuka peluang penyebaran hoaks.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Sulawesi Selatan Drs Hidayat Nahwi Rasul MSi mengajak warganet (netizen) bijak menggunakan media sosial. “Kita harus bijak dan hati-hati menggunakan media sosial. Kita supaya menggunakan handphone untuk keperluan yang baik. Misalnya, gunakan handphone untuk membangunkan shalat malam,” tuturnya saat menyampaikan pembekalan kepada pengurus DPD LDII Kota Palopo di Masjid Nurul Haq, Jalan Ahmad Ali, Kelurahan Pattene, Kecamatan Wara Utara, Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Minggu (25/11/2018).

Dalam pertemuan, hadir Ketua DPW LDII Sulawesi Selatan Drs Hidayat Nahwi Rasul MSi. Turut hadir wakil ketua LDII Sulawesi Selatan Dr Abri MP, Asdar Mattiros SSos, Muchtar Mannan SH, dan Ir La Hatta MPd. Hadir pula wakil sekretaris Ridwan Yahya SE dan Ilmaddin Husain SPd. Hadir juga dewan penasihat, Sekretaris DPD LDII Kota Palopo Baharuddin SPd, wakil sekretaris Ishak Maulana ST, dan jajaran pengurus DPD LDII Kota Palopo lainnya.

Menurut Hidayat, hampir semua remaja menggunakan handphone. “Karena itu, hati-hati dalam bermedia sosial. Hindari kebohongan, berita palsu, dan ujaran kebencian,” kata Hidayat yang juga pakar telematika ini.

Ia mengajak agar orang tua menasihat anak-anak agar berhati-hati dalam bermedia sosial. Sebab informasi di internet adalah informasi yang liar dan berantakan, seperti pornografi dan SARA. Belajar menyeleksi informasi di media sosial. Bedakan mana informasi yang bisa dibagi dan mana yang tidak bisa dibagi.

Belakangan ini, marak isu negatif disebarkan yang ditujukan untuk menjatuhkan pihak lain. Sekaitan dengan itu, jangan menyebarluaskan berita hoaks atau berita yang belum terkonfirmasi kebenarannya, baik yang berkaitan dengan isu politik, ekonomi, sosial, budaya, dan kesehatan.

Lebih lanjut, pihaknya mengajak pengurus LDII di tingkat DPD, Pimpinan Cabang (PC), dan Pimpinan Anak Cabang (PAC) agar memperkuat konsolidasi dan komunikasi dengan pemerintah selevel. “Lakukan audiensi dengan pejabat untuk membantu program pemerintah,” ujarnya.

Comment