Home / NEWS / MAKASSAR / Telkomsel Area Pamasuka Tingkatkan Jaringan dan Layanan di 142 Titik Strategis.

Telkomsel Area Pamasuka Tingkatkan Jaringan dan Layanan di 142 Titik Strategis.

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Dalam upaya memberikan kenyamanan berkomunikasi bagi pelanggan pada periode Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) tahun ini, secara nasional Telkomsel telah meningkatkan seluruh elemen jaringan di titik-titik strategis jalur mudik dan pusat-pusat keramaian publik. Secara khusus, Telkomsel membangun 10.000 base transceiver station (BTS) multi-band Long Term Evolution (LTE) di seluruh Indonesia untuk menghadirkan layanan yang berkualitas dengan kapasitas yang memadai.
Momentum RAFI merupakan momen spesial bagi masyarakat Indonesia. Jutaan orang melakukan ibadah puasa Ramadan dan ritual pulang kampung halaman pada saat Idul Fitri yang dikenal dengan mudik. Selain mudik, masyarakat Indonesia juga memanfaatkan periode tersebut untuk berlibur bersama keluarga dan kerabat.

Executive Vice President Telkomsel Area Pamasuka, Ronny Arnaz mengatakan, “Periode RAFI tahun ini menjadi momentum yang istimewa bagi Telkomsel, karena bersamaan periode ini Telkomsel genap berusia 24 tahun. Kami sangat bersyukur dan mengucapkan terima kasih atas kepercayaan pelanggan setia terhadap Telkomsel selama 24 tahun ini.”

“Pada momen RAFI ini pula keandalan jaringan dan layanan Telkomsel yang sesungguhnya diuji, umumnya penggunaan layanan komunikasi lebih tinggi dibanding hari biasa. Untuk itu, sejak jauh-jauh hari Telkomsel menggelar berbagai persiapan dari sisi infrastruktur maupun produk dan layanan agar pelanggan tetap bisa menikmati layanan dengan nyaman pada saat periode RAFI,” lanjut Ronny.
Pada RAFI tahun ini, Telkomsel Area Pamasuka memperkirakan terjadi lonjakan trafik layanan data sebesar 14% dibandingkan hari normal, bahkan sekitar 60 % jika dibandingkan periode RAFI tahun lalu. Hal tersebut dikarenakan perilaku komunikasi pemudik maupun pelanggan saat ini didominasi penggunaan layanan data. Tingginya penggunaan layanan data antara lain dipicu seringnya pelanggan mengunggah foto dan video aktivitas mudik dan wisata ke media sosial serta aplikasi pesan instan. Di samping itu, pelanggan juga memanfaatkan layanan data untuk mengakses berbagai informasi seperti direktori kuliner, hotel , tempat wisata dan beragam aktivitas sosial media yang tidak terbatas pada waktu dan tempat , serta menikmati berbagai layanan hiburan digital, seperti video, musik, dan games.

Di sisi lain, trafik layanan suara diperkirakan turun sekitar-2% dibanding hari normal, sedangkan trafik layanan SMS diperkirakan turun sekitar-25% dibanding hari normal. Hal ini sudah diprediksi sebelumnya, mengingat perilaku pelanggan yang kini semakin fasih dan intensif dalam menggunakan berbagai aplikasi dan layanan digital, yang mengakibatkan turunnya intensitas penggunaan layanan suara maupun layanan SMS.

“Kualitas jaringan merupakan prioritas utama kami dalam mengantisipasi tingginya penggunaan layanan komunikasi pada periode RAFI. Dari mulai awal tahun 2019 sampai saat menjelang Ramadhan dan Idul Fitri ini Telkomsel Area Pamasuka telah mengimplementasikan 2020 New BTS 4G di seluruh pita frekuensi. Dengan hadirnya new BTS 4G tersebut kami menjamin pelanggan dapat menikmati pengalaman menggunakan layanan broadband secara optimal dan prima,” jelas Ronny.

Di samping membangun ribuan BTS 4G di seluruh pita frekuensi, Telkomsel juga menambah kapasitas jaringan pada 12.780 BTS 4G, mengoperasikan 16 mobile BTS yang tersebar di seluruh Area Pamasuka, serta menambah kapasitas sistem IT untuk layanan, dan menambah kapasitas layanan isi ulang pulsa.

Dari sisi produk dan layanan, Telkomsel berupaya menjaga ketersediaan kartu perdana dan layanan isi ulang pulsa sesuai dengan kebutuhan pelanggan yang biasanya meningkat pada periode RAFI. Telkomsel juga menggelar posko layanan di 142 titik strategis (point of interest) yang akan beroperasi mulai H-14 sampai H+7 yang meliputi Pelabuhan, Bandar Udara, Terminal Bus, Dermaga, Rest Area, Rumah Sakit, Area Padat Populasi, Pasar Tradisional, Mall, Alun-Alun, Pantai, waterpark dan Mall. Selain itu, seluruh kanal pelayanan existing Telkomsel juga bersiaga melayani pelanggan, di antaranya 8 GraPARI Telkomsel Siaga, 119 Mobile GraPARI, dan 891 Outlet Siaga, yang melayani penjualan dan aktivasi produk, redeem TelkomselPOIN, Lucky Draw, aneka makanan dan minuman gratis melalui tukar poin, serta informasi seputar produk dan layanan terutama layanan digital dan broadband selama periode RAFI.

Khusus ditanggal 5 – 6 Juni 2019 , Telkomsel menyiagakan 8 kantor layanan yang tetap beroperasi di hari lebaran. Kantor layanan tersebut adalah GraPARI Balikpapan, GraPARI Mitra Kota Baru, GraPARI Makassar, GraPARI Manado Mantos, GraPARI Mitra MTC Karebosi, GraPAR Mall Panakukang, GraPARI Jayapura, GraPARI Ambon Layanan tersebut membuka jam layanan mulai pukul 10 hingga pukul 15.00 WITA . Khusus di Mall, jam layanan menyesuaikan dengan jam layanan Mall.

Pelanggan dan masyarakat juga dapat memperoleh informasi produk, fitur, serta layanan Telkomsel dengan menghubungi Call Center 188 atau mengakses kanal digital Telkomsel, mulai dari website telkomsel.com, aplikasi myTelkomsel, layanan GraPARI Virtual (virtual assistance melalui LINE, Facebook Messenger, Telegram), e-mail cs@telkomsel.co.id, serta akun Facebook dan Twitter Telkomsel.

Di samping itu, sebagai apresiasi kepada pelanggan Telkomsel mengadakan berbagai program untuk membuat momen mudik pelanggan menjadi lebih menyenangkan dengan beragam produk Nestle yang bisa didapatkan secara gratis cukup dengan penukaran TelkomselPOIN di posko-posko siaga Telkomsel. Selain itu, Telkomsel juga membuat program Fun Mudik yang menyediakan tiket mudik gratis bagi pelanggan melalui moda trasnportasi kapal laut dan pesawat. Pelanggan dapat mengikuti program Fun Mudik melalui mekanisme penukar TelkomselPOIN terbanyak serta isi ulang pulsa untuk dapat memenangkan tiket mudik gratis dengan total 21 rute mudik melalui laut dan udara. Pelanggan juga dapat menikmati beragam layanan spesial RAFI berupa paket layanan data, suara, dan SMS; layanan digital lifestyle; LinkAja; digital advertising; serta mobile banking.

Optimalisasi Jaringan di Pamasuka

Menurut Vice President ICT Network Management Telkomsel Area Pamasuka – Samuel Pasaribu Untuk memastikan kenyamanan berkomunikasi pelanggan, Telkomsel telah menggelar drive test rutin di berbagai titik dengan kepadatan trafik komunikasi tertinggi dan di sepanjang jalur darat dibeberapa daerah yang menjadi tujuan mudik pelanggan . Seperti Balikpapan – Banjammasin, Makassar – Pare-Pare, Banjarmasin – Palangkaraya . Ada pun parameter pengukuran yang digunakan adalah kekuatan daya pancar dan daya terima handset (Coverage), tingkat kesuksesan akses jaringan (Call Setup Success Rate/CSSR), tingkat kontinuitas panggilan (Call Completion Success Rate/CCSR), lamanya waktu pembangunan panggilan (Call Setup Time/CST), kualitas suara (Mean Opinion Score/MOS), dan kecepatan akses data (Data Throughput). Secara umum drive test yang dilakukan memberikan hasil yang baik, di mana angka rata-rata CSSR 100%, CST 5,2 sec , MOS≥3 99,37% Data Throughput 10 Mbps (average).

Baca Juga:   Pameran Wallacea Hadir di Atrium Nipah Mall

Kenyamanan pelanggan Telkomsel di wilayah Pamasuka dalam berkomunikasi di periode RAFI 2019 didukung sekitar 44. 285 BTS di seluruh wilayah Pamasuka termasuk sekitar 14.800 BTS 4G untuk memaksimalkan penggunaan layanan data. Terlebih lagi dengan penataan ulang pita frekuensi (refarming) 800 dan 900 Mhz yang menjadikan pita frekuensi radio yang berdampingan (contiguous), sehingga Telkomsel dapat lebih leluasa dan fleksibel dalam meningkatkan teknologi seluler yang diimplementasikan.

“Hal ini membuka peluang lebih besar bagi masyarakat yang belum dapat menikmati 4G menjadi menikmati layanan broadband bagus dan berkualitas,” tutup Samuel Pasaribu

Selain itu untuk mengoptimalkan kualitas layanan data kepada pelanggannya, Telkomsel area Pamasuka juga telah mengembangkan kapabilitas teknologi LTE Advanced Pro atau 4,9G di beberapa titik di wilayah Pamasuka diantara nya yaitu di daerah Pasar Segar Makassar dan di sekitar Fave Hotel Banjarmasin. Teknologi LTE Advanced Pro atau 4,9G tersebut diterapkan oleh Telkomsel dengan menggunakan teknologi Massive MIMO yang dapat memberikan kapasitas laynanan data lebih besar, pengguna lebih banyak dan customer experience yang konsisten.

Selain itu kami juga sudah mulai meng on airkan IoT (Internet Of Things ) di Makassar dan Balikpapan melalui pemasangan beberapa CCTV yang ditempatkan di Pelabuhan Semayang Balikpapan dan Masjid Al Markas Al Islami Makassar. Tidak hanya di 2 titik tersebut, pemasangan CCTV dengan menggunakan jaringan 4G Telkomsel juga telah kami hadirkan dibeberapa kota diantaranya di Ternate, Kendari, Gorontalo, Palu, Pare-Pare dan Samarinda.

Layanan dan Loyalti Pelanggan

Menurut Vice President Sales and Marketing Telkomsel Area Pamasuka – Herry Setiawan, dalam menyambut Ramadhan dan Idul Fitri 1440 H dan Hut Telkomsel ke -24, Telkomsel menghadirkan berbagai program loyalty kepada pelanggan nya , diantaranya adalah

  • Program Undian Telkomsel Siaga Sebar Hepi , Berikan Hadiah Milyaran Rupiah Ke Pelanggan
    Telkomsel kembali mengadakan program undian bagi pelanggan untuk merayakan hari ulang tahunTelkomsel ke 24 yang jatuh pada tanggal 26 Mei dan Ramadan & Idul Fitri 2019. Program ini berlaku untuk seluruh pelanggan, baik paskabayar maupun prabayar, dengan hadiah utama berupa satu unit mobil BMW dan dua unit Honda HRV, selain itu tersedia hadiah lainnya dengan total lebih dari 7.400 unit.

Program undian ‘Anniversary & RAFI 2019’ ini merupakan wujud besarnya rasa terimakasih kami kepada para pelanggan setia Telkomsel yang telah memberikan kepercayaannya kepada produk dan layanan kami, sehingga kami berkesempatan melayani masyarakat Indonesia selama 24 tahun berdiri melalui layanan seluler kami. Telkomsel juga ingin turut menyemarakkan momen spesial Ramadhan & Idul Fitri bagi para pelanggan melalui program undian ini.”
“Kepercayaan dan kepuasan dari pelanggan adalah kunci bagi Telkomsel untuk terus berkembang di masa mendatang sebagai penyedia layanan dan solusi mobile digital lifestyle kelas dunia yang terpercaya”

Untuk mengikuti program undian “Anniversary & RAFI 2019” ini, pelanggan Telkomsel cukup menukarkan Telkomsel POINnya dengan kupon undian. Pelanggan juga bisa mendapatkan kupon undian dengan membeli berbagai macam produk dan layanan Telkomsel, melakukan migrasi uSIM 4G LTE, transfer pulsa, dan lain-lain. Selain itu, setiap transaksi di aplikasi MyTelkomsel juga akan mendapatkan kupon undian untuk mengikuti program ini. Penukaran Telkomsel POIN dengan kupon undian dapat dilakukan pelanggan melalui menu akses *123# ataupun melalui aplikasi MyTelkomsel. Program undian berlaku sejak tanggal 5 Mei hingga 5 Agustus 2019

Terkait program undian ini, Herry Setiawan menghmbau pelanggan untuk selalu waspada terhadap penipuan yang mengatasnamakan Telkomsel. Dalam menyampaikan segala informasi untuk pelanggan, baik mengenai program, layanan, produk, ataupun promosi berhadiah, Telkomsel selalu menggunakan mekanisme pemberitahuan resmi, seperti melalui surat, pemberitaan di media massa nasional, informasi di GraPARI terdekat atau di Call Center Telkomsel, serta situs resmi perusahaan www.telkomsel.com, salah satunya seperti pengumuman pemenang undian yang diadakan Telkomsel.

  • Berkah Ramadhan SMS Banking 2019
    Merupakan promo program sebagai apresiasi kepada seluruh pelanggan Telkomsel (Kartu HALO, simPATI, Kartu AS dan Loop) yang aktif menggunakan layanan SMS Banking Telkomsel untuk seluruh bank. Program diselenggarakan dengan periode 6 Mei 2019 – 4 Juni 2019.
    Setiap pelanggan yang melakukan Transaksi layanan SMS Banking/USSD Banking baik melalui *141#/aplikasi mBanking telkomsel dari nomor Telkomsel akan mendapatkan kupon undian, 100 pelanggan dengan transaksi tertinggi setiap harinya akan mendapatkan hadiah langsung (H+1) berupa e-voucher KFC @Rp.50,000 dan juga terdapat hadiah Grand Prize 5 Motor Honda Vario di akhir periode.

Beragam program untuk mengoptimalkan layanan data pun dibuat oleh Telkomsel dengan aneka hadiah menarik diantaranya

  • Langit Musik Show Your Life
    Program share Foto saat streaming lagu religi ke media sosial pada periode 6 Mei – 19 Mei 2019 , pelanggan berkesempatan mendapatkan beragam hadiah voucher belanja
  • Langit Musik PlaySetter
    Program yang dilaksanakan pada periode 29 April -29 Juni 2019 ini bisa diikuti oleh pelanggan dengan cara pelanggan membuat playlist lagu religi di aplikasi langit music, kemudian share ke media sosial. Nantinya akan dipilih beberapa pemenang yang akan beragam hadiah menarik mulai dari voucher belanja, Samsung Galaxi A9, Samsung Galaxi A50 dan hadiah utama berupa Samsung Galaxi S10.
  • Langit Musik THR Ramadhan.
    Gratis 2 bulan premium Langit Musik engan redeem code : LMRAFI
  • NSP RAFI
    Program aktivasi NSP RAFI di 121123#. Setiap pelanggan yang melakukan aktivasi NSP RAFI pada periode 1 Mei – 30 Juni 2019 akan berkesempatan untuk mendapatkan THR total jutaan rupiah.
  • Menyediakan Paket Internet Malam
    Memberikan penawaran paket internet malam, mulai dari 1 G sampai dengan
    dengan akses ke 36311#.

Corporate Social Responsibilty (CSR) pada RAFI 2019

Dalam hal kegiatan CSR , menurut Vice President Business Support Area Pamasuka – Ari Besar Pribumi Sesuai dengan tema Telkomsel Siaga tahun 2019 ini yaitu “Sebarkan Kebahagiaan”, Telkomsel Area Pamasuka juga menebar kebahagiaan pada momen RAFI tahun ini sebagai wujud syukur dan rasa kepedulian kepada masyarakat yang menjalankan ibadah puasa. Telkomsel menyerahkan takjil buka puasa sebanyak 6 ton kurma kepada 7 masjid di 7 kota di wilayah Pamasuka . Selain itu Telkomsel juga melakukan kegiatan berbagi bersama dengan anak yatim dan dhuafa, menggelar sembako murah, pemberian santunan kepada yayasan, menggelar gerakan simpati takjil Telkomsel, edukasi internet baik kepada anak-anak, dan bersih-bersih masjid.

Komentar

Check Also

IM3 OOREDOO KAMPANYEKAN GENERASI MUDA CIPTAKAN KONTEN DIGITAL

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – IM3 Ooredoo meluncurkan “Collabonation – Freedom To Collaborate”, sebuah gerakan nasional untuk …