Home / NEWS / MAKASSAR / Pameran Wallacea Hadir di Atrium Nipah Mall

Pameran Wallacea Hadir di Atrium Nipah Mall

MEDIAWARTA.COM, MAKASSARWallacea Week 2019 merupakan sebuah festival penuh inspirasi, edukasi, dan karya seni untuk merayakan keberagaman hayati dan budaya Indonesia. Acara ini akan hadir di kota Makassar sejak tanggal 22 Nopember sampai 28 November 2019.

Acara ini terselenggara atas inisiasi British Council yang bekerja sama dengan Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Kementerian Riset dan Teknologi RI, Kedutaan Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste.

Didukung oleh berbagai mitra di Makassar dalam pelaksanaannya, salah satunya Nipah Mall sebagai tempat pelaksanaan Pameran Wallacea dan Instalasi Interaktif.

Pameran Wallacea dan instalasi interkatif dimulai dari 23 Nopember hingga 28 November 2019, tepatnya di area atrium Nipah Mall.

Selain Nipah Mall, rangkaian kegiatan Wallacea Week 2019 berlangsung di beberapa tempat, yakni Rumata ArtSpace, Fort Rotterdam dan Universitas Hasanuddin. Bukan hanya Pameran Wallacea dan Instalasi Interaktif dari rangkaian kegiatan Wallacea Week 2019, rangkaian kegiatan lainnya yang menginspirasi di Wallacea Week 2019 ini diantaranya, Pemutaran Film, Diskusi, Storytelling, Wallacea Frontiers of Science Symposium, Bincang – bincang dan Teater.

Acara Wallacea Week terinspirasi oleh The Malay Archipelago, buku fenomenal karya naturalis Inggris Alfred Russel Wallace yang mendokumentasikan keunikan flora, fauna, dan budaya di Asia Tenggara, termasuk bagian timur nusantara yang kini dikenal sebagai Kawasan Wallacea. Memperingati 150 tahun buku The Malay Archipel- ago, Wallacea Week 2019 dihelat di Makassar untuk membawanya lebih dekat ke salah satu kota yang menjadi sumber inspirasbuku tersebut.

Mengusung tema ‘Merawat Wallacea, Merawat Indonesia’, Wallacea Week 2019 bertujuan untuk merayakan keberagaman hayati dan budaya Indonesia, menginspirasi masyarakat untuk merawat lingkungan, serta memban- gun minat anak muda untuk terus mengeksplorasi dan mendalami ilmu pengetahuan seperti sosok A.R. Wallace. Merangkul sebanyak mungkin kalangan, terutama kaum muda, dalam menginterpretasikan karya-karya A.R. Wallace senantiasa menjadi semangat Wallacea Week. Masyarakat umum dapat menikmati seluruh rangkaian acara pameran, bincang-bincang, pemutaran film, teater, musik, hingga simposium ilmiah secara gratis, tanpa memungut biaya.

Baca Juga:   Film Mappacci Bakal Bikin Baper di Tahun Depan

Pameran dan Instalasi Interaktif yang terselenggara di Atrium Nipah Mall, menampilkan keanekaragaman hayati, lingkungan, dan budaya di wilayah Wallacea, serta perkembangan terbaru dan inovasi, melanjutkan jejak peninggalan Alfred Russel Wallacea. Panggung Inspirasi akan menghadirkan orang – orang yang turut berkontribusi mengelola dan merayakan keanekaragaman hayati dan budaya wilayah Wallacea. Pameran yang berpartisipasi selama kegiatan berlangsung, diantaranya Yayasan Negeri Rempah, Fauna Flora International, Wildlife Conservation Society, Ekspedisi Wallacea, Greenpeace, HIVOS, British Council, dan Program Seni.

Femmy Soemantri selaku Senior Programme Manager Science, British Council, mengatakan, “Senang sekali Wallacea Week 2019 sekaligus perayaan 150 tahun buku The Malay Archipelago karya Alfred Russel Wallace dapat diselenggarakan di Nipah Mall Makassar. Berkolaborasi dengan komunitas seni, budaya, dan lingkungan dari berbagai daerah di kawasan timur Indonesia. Memasuki tahun ketiga acara Wallacea Week, kami sengaja memilih kota Makassar untuk membawa pulang The Malay Archipelago ke kawasan Wallacea yang telah menginspirasinya serta mengajak warga Makassar merayakan keberagaman yang dimilikinya”, ungkapnya.

“Konsep Nipah Mal sebagai ruang publik yang terbuka, ramah lingkungan dan menghadirkan elemen-elemen alam sangat selaras dengan gagasan pameran dan pesan-pesan dalam buku The Malay Archipelago untuk menjaga dan merayakan keberagaman hayati dan budaya Indonesia. Keunikan flora, fauna, budaya, dan wastra Indonesia yang tertuang dalam The Malay Archipelago seolah dihidupkan lagi melalui pameran di Nipah Mal ini, untuk menginspirasi pengunjung agar mengenali, merawat, dan merayakan keberagaman di Kawasan Wallacea dan Indonesia”, tambahnya.

Rijal salah satu pengunjung Nipah Mall yang mengikuti kegiatan Wallacea Week 2019 mengatakan, “Wallacea merupakan sebuah ajang inspiratif yang memadukan antara science dan pameran kesenian yang lebih mudah dipahami oleh pengunjung awam. Pada dasarnya, orang tidak mengenal ilmuwan Alfred Russel Wallace itu sendiri, tapi karena pameran ini dikemas dengan menarik dan interaktif sehingga pengunjung dapat dengan mudah memahami apa Wallacea itu sebenarnya”, ungkapnya.

Komentar

Check Also

PT Vale Raih Peringkat 3 Indonesia Green Company

Mediawarta.com, Makassar – PT Vale raih peringkat 3 dari 10 perusahaan dalam ajang Indonesia Green …