Perkumpulan Fotografer Makassar Hunting Foto Sambil Peduli Lingkungan

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Puluhan anggota Perkumpulan Fotografer Makassar (Performa) melakukan Hunting foto sekaligus membersihkan sampah-sampah Plastik di pelabuhan Paotere. Sambil menentang kamera dan berbekal kantong sampah, mereka berjalan sepanjang pelabuhan mencari moment sambil mengambil sampah plastik, Minggu, (10/2/2020).

Setelah mendapatkan foto-foto yang bagus dan sejumlah kantong berisi sampah plastik, Selanjutnya mereka bergantian mengangkut sampah ke penampungan sampah yang disediakan oleh PT. Pelabuhan Indonesia IV.

“Kegiatan ini adalah simbolis dari program pengurangan sampah plastik, dalam rangka sebagai program pendamping kegiatan fotografi nasional” Salonfoto Indonesia ke-41″ yang akan dilaksanakan di kota Makassar pada tahun ini, ujar Kiki, salah satu anggota Performa.

Kami berupaya secara sadar bahwa sampah plastik akan berdampak pada keberlangsungan kehidupan secara luas. Dalam dunia fotografi, ini tentu sangat berkaitan erat pada dunia kepariwisataan.  Beberapa saat yang lalu, kita semua terhentak ketika seorang wisatawan luar negeri megunggah foto pemandangan laut kita dipenuhi sampah plastik. Untuk itulah kami selaku fotografer harus secara aktif mengambil peran pada kelestarian alam di sekitarnya, lanjut Kiki.

Fahmy husain selaku sekertaris Performa menambahkan, “Salonfoto Indonesia ke-41 yang menjadikan Makassar sebagai tuan rumah pada tahun ini akan sedikit berbeda pada tahun-tahun sebelumnya di kota lain. Secara garis besar Salonfoto Indonesia dikenal sebagai  ajang kurasi dan penjurian bergengsi ribuan fotografer beserta karya-karya terbaiknya. Tetapi pada tahun ini di Makassar, panitia pelaksana berupaya membuat kegiatan nasional ini harus mempunyai dampak pada pembentukan mindset dan metalitas akan kesadaran pelestarian lingkungan. Salah satunya adalah memasukkan bentuk kampanye lingkungan ‘pengurangan sampah plastik pada setiap publikasi kegiatan Salonfoto Indonesia yang akan tersebar melalui media ke seluruh wilayah Indonesia”, jelasnya.

Baca Juga:   GASS Bersama Gerakan Jurnalis Anti Corona, Gelar Aksi Sosial Lawan COVID-19

Ditambahkan, “kegiatan hunting bersama ini dilaksanakan dalam dua hari berturut-turut, mulai dari Festival Cap Gomeh di jalan Sulawesi, Sabtu, 8 Februari 2020 dan diakhiri di pelabuhan Paotere yang rangkaikan dengan hunting sampah bersama untuk mengajak semua pihak untuk berpartisipasi mensukseskan kegiatan Salonfoto Indonesia ke-41 di Makassar”, ucap Thaib Chaidar, ketua panitia Salonfoto.

Sambungnya, salah satu penghargaan khusus dalam penjurian di Salonfoto nanti, adalah perjalanan yang bertemakan “Lautmu Hidupku”, dan ada juga beberapa tema manarik yang berkaitan dengan isu sosial kemasyarakatan, jelasnya.

Secara luas kegiatan Salonfoto Indonesia ke-41 ini telah berlangsung sejak Oktober 2019 hingga desember 2020. Dorongan dan upaya kesuksesan Makassar menjadi tuan rumah dalam kegiatan ini haruslah didukung sepenuhnya berbagai pihak termasuk pemerintah daerah. Mengingat pada pelaksanaan sebelumya di kota-kota lain, dukungan dari berbagai pihak termasuk pemerintah daerah dan pusat begitu konsen dan membantu sepenuhnya.

Komentar

Check Also

Ratusan Masyarakat Kecamatan Rappocini, Hadiri Gerakan Makassar Mendonor

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Ratusan masyarakat Kecamatan Rappocini menyambut dengan sangat meriah, kegiatan Makassar Mendonor, yang …

Share This
Mediawarta