Pertamina Apresiasi Kartini Masa Kini yang Bekerja di Puskesmas

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region (MOR) VII, memperingati Hari Kartini tahun ini secara spesial dengan memberikan paket bantuan khusus kepada Kartini masa kini yakni para pekerja wanita yang sehari-hari mengabdi di tujuh Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat) yang tersebar di enam ibu kota provinsi yang ada di wilayah Sulawesi.

Tidak hanya tenaga medis, bantuan yang berisi bahan makanan dan multivitamin ini juga diberikan kepada pekerja wanita non-medis yang sehari-hari mendukung operasional berjalannya Puskesmas. “Bantuan ini sebagai wujud apresiasi Pertamina kepada salah satu kelompok pekerja wanita yang saat ini terus berjuang di garda terdepan dalam pencegahan dan penanganan Covid-19,” ujar Hatim Ilwan, Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR VII.

Program berbagi di Hari Kartini ini, menurut Hatim, dilakukan serentak di seluruh Indonesia dan menyasar kepada beberapa kelompok pekerja wanita mulai dari Sumatera hingga Papua. Sasarannya adalah pekerja wanita yang masih harus bekerja di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang makin merebak atau ibu-ibu yang masih tetap produktif di rumah untuk terus berkarya melalui sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Di wilayah Sulawesi, Pertamina MOR VII membagikan paket bantuan tersebut kepada tenaga medis wanita yang jumlahnya mencapai 274 orang, yang mencakup tujuh lokasi yaitu Puskesmas Pattingalloang dan Puskesmas Tabaringan di Kota Makassar Sulawesi Selatan, Puskesmas Mekar di Kota Kendari Sulawesi Tenggara, Puskesmas Binanga di Kabupaten Mamuju Sulawesi Barat, Puskesmas Bulili di Kota Palu Sulawesi Tengah, Puskesmas Holantalangi di Gorontalo serta Puskesmas Telling Atas di Kota Manado Sulawesi Utara.

Bantuan yang diberikan berupa sembako mulai dari beras hingga minyak goreng ditambah dengan multivitamin. Penyerahan bantuan secara simbolis langsung diserahkan oleh Fuel Terminal Manager atau Sales Branch Manager yang bertugas di wilayah masing-masing. Untuk Sulawesi Selatan, bantuan di Puskesmas Pattingalloang diserahkan langsung oleh Hatim Ilwan selaku Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR VII dan di Tabaringan oleh Supervisor HSSE, Aditya S.B.

Masih menurut Hatim, semangat juang sosok Kartini masa kini tercermin pada tenaga medis yang saat ini terus bekerja guna mengantisipasi penyebaran sekaligus memutus mata rantai wabah pandemi Covid-19 yang semakin hari semakin bertambah korbannya. “Bantuan ini merupakan salah satu bentuk dukungan Pertamina kepada perwakilan sosok Kartini masa kini yang saat ini tetap melakukan pelayanan publik di Puskesmas,” ujarnya.

Selain kepada tenaga medis di Puskesmas, pada kesempatan sebelumnya Pertamina MOR VII juga telah memberikan bantuan kepada tenaga medis di dua Rumah Sakit (RS) yang menjadi rujukan pasien Covid-19 di Kota Makassar, yaitu RS Dr Wahidin Sudirohusodo dan RS Tadjuddin Chalid. Pertamina juga telah memberikan bantuan kepada ibu-ibu penggiat UMKM, pekerja lepas, buruh, ojek online, dan berbagai kalangan lainnya.

Pertamina dengan kemampuan dan kapasitas yang dimilikinya, sambung Hatim, tetap berupaya memberikan manfaat yang optimal bagi mereka yang saat ini harus berjuang lebih ekstra lagi di tengah berjangkitnya wabah pamdemi Covid-19. “Tentu kita senantiasa berharap pandemi Covid-19 ini segera berakhir dengan tetap mengedepankan dan menjaga rasa saling tolong menolong kita terhadap sesama,” pungkasnya.

Comment