Video conference manajemen Smartfren bersama sejumlah wartawan. 

Pendemi Covid-19, Smartfren Alami Peningkatan Traffic Hingga 50 Persen

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Seiring dengan kebijakan yang diambil pemerintah kepada masyarakat untuk melaksanakan Work From Home (WFH) atau bekerja di rumah, sebagai upaya untuk memutus mata rantai penularan Covid-19, terjadi kenaikan traffic pada sejumlah operator seluler. 

Hal tersebut juga dialami oleh Smartfren, yang mengalami lonjakan traffic cukup tinggi selama masa pandemi Covid-19, terlebih saat memasuki bulan Ramadan. Menurut Lazarus Bako Tembang selaku Regional Head Sulawesi Smartfren Telecom, Tbk, lonjakan traffic yang terjadi mencapai 50 persen.

“Traffic tertinggi terjadi pada pukul 4 dini hari. Aplikasi paling melonjak, Youtube, Tiktok, dan Zoom,” ungkapnya.

Untuk sebaran pengguna, jelas Lazarus, selama adanya himbauan untuk di rumah saja, telah terjadi deurbanisasi hingga mencapai 20 persen. Orang-orang yang dulunya bekerja di kota, memilih untuk kembali ke kampung halamannya, dan di sanalah Ia meningkatkan traffic komunikasi.

“Di Kota Makassar traffic pengguna cenderung stagnan. Peningkatan cenderung terjadi di daerah-daerah kabupaten yang ada di sekitar kota besar, seperti di Jeneponto, Pinrang,  Barru, Luwu dan lain-lain. Sedangkan kota besar cenderung stagnan, ” tutur Lazarus. 

Baca Juga:   Yayasan Hadji Kalla Berikan Bantuan, Alat Ventilator Ke Pemprov Sulsel Untuk Penanganan Covid-19

Sebaran di kota-kota besar cenderung stagnan, sepertk Kota Makassar dan Kota Parepare. Terjadi deurbanisasi yang mencapai 20 persen. Pelanggan yang pulang kampung, ini lah yang meningkatkan traffic di kampung nya. Traffic malah terjadi di daerah2. Pinrang, Sidrap, barru. 

Menghadapi Idul Fitri, dimana adanya himbauan pemerintah untuk melarang mudik, maka Lazarus memprediksi lonjakan traffic akan terjadi dua kali lipat dari yang telah terjadi saat ini. Hal tersebut tentu akan menjadi bahan evaluasi dari manajemen Smartfren, untuk terua memperbaiki kualitas layanan yang diberikan kepada konsumennya.

Ramadan tahun ini, Smartfren meluncurkan varian baru Kartu Perdana 1ON+ (baca: ion plus) dengan kelebihan bonus kuota yang semakin melimpah. Smartfren menghadirkan dua varian baru Kartu Perdana 1ON+ yaitu Kartu Perdana 1ON+ seharga Rp40 ribu dan Rp60 ribu dengan masa aktif kartu 365 hari.(Muhammad El Rumi)

Komentar

Check Also

Telkomsel Area Pamasuka Siagakan 52.100 BTS Jelang Idul Fitri 1441 H 

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Jelang ahru raya Idul Fitri 1441 Hijriah, Telkomsel Area Pamasuka telah melakukan …

Share This
Mediawarta