Hut ke-51, Basarnas Makassar Perkokoh Pondasi dalam Tugas dan Tanggungjawab

Foto: Masyudi Firmansyah/Mediawarta

MEDIAWARTA, MAKASSAR – Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Makassar merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-52, dengan menggelar upacara di halaman Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Makassar, Jalan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Kamis (29/2/2024).

Upacara dimulai pukul 08.00 WITA dengan prosesi pengibaran bendera Merah Putih, yang dikomandoi oleh anggota Basarnas yang berpakaian seragam lengkap.

Dalam HUT ke-52 kali ini, Basarnas mengangkat tema “Satu jiwa Satu Rasa”.

Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ikrar kesetiaan dan keselamatan, oleh seluruh personel Basarnas yang hadir.

Kepala Basarnas Makassar, Mexianus Bekabel mengatakan, upacara HUT Basarnas ke-52 diikuti beberapa pos SAR dari seluruh Sulawesi Selatan (Sulsel).

Juga dihadiri para pejabat pemerintah, tokoh masyarakat, dan perwakilan dari berbagai instansi terkait.

Mexianus mengungkapkan rasa syukur dan bangga, atas perjalanan panjang Basarnas, dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Ia juga menegaskan komitmen Basarnas, untuk terus meningkatkan kapasitas dan efektivitas, dalam menghadapi tantangan-tantangan di masa depan.

‘Hingga hari ini lahir, setelah setengah abad lebih, Basarnas sebagai lembaga pemerintah konsisten menunjukkan eksistensinya. Basarnas berusia 52 tahun. Dalam perjalanannya, Basarnas mengalami peristiwa suka dan duka,” ungkapnya.

Kata Mexianus, dinamika yang terjadi selama ini, menjadi dasar untuk memperkokoh pondasi Basarnas dalam tugas dan tanggungjawab.

“Yaitu mencari, menolong, menyelamatkan dan mengevakuasi korban pasa saat dalam keadaan darurat. Baik kecelakaan pesawat, kapal, bencana, operasi tanggap darurat dan kondisi membahayakan jiwa manusia,” sebutnya.

“Kita harus menunjukkan bahwa kita siap bekerja keras, bekerja cerdas, bekerja ikhlas dan bekerja tuntas, dalam penyelamatan operasi Sar. Kita harus memberikan pelayanan Sar yang optimal kepada masyarakat, di manapun, kapanpun, dan kepada siapapun yang membutuhkan,” lanjutnya.

Mexianus berharap, semoga dengan semangat yang sama, Basarnas Makassar dapat terus menjadi garda terdepan, dalam menjaga keselamatan dan keamanan seluruh warga.

Comment