PLT Agroteknologi Unibos Bagikan Pengetahuan Budidaya Kentang dan Prospek Usaha Bisnis bagi Mahasiswa

MEDIAWARTA, MAKASSAR – Menuju pelaksanaan program Praktik Kerja Lapang Mahasiswa Program Studi (Prodi) Agroteknologi Universitas Bosowa (Unibos) kembali dilaksanakan Prakter Lapang Terpadu (PLT) untuk semester Genap 2023/2024 di UPT Balai Benih Tanaman Hortikultura Kabupaten Gowa dan UPT BPP Wilayah Kanreapia di Desa Erelembang Kecamatan Tombolopao Malino Kabupaten Gowa, Senin (1/7/2024).

Dalam rangka membagikan pengatahuan tambahan terkait tanaman holtikultura bagi mahasiswa sebelum menjalankan magang selama tiga bulan, PLT kali ini berfokus pada tiga tujuan utama yakni untuk melihat prospek pengembangan tanaman pisang dan tanaman kentang, untuk mengenal budidaya pisang di lapangan dan untuk mempelajari budidaya kentang secara kultur jaringan.

Dalam sambutannya, Andi Batari Sari, S.P, M.AP selaku Kepala UPTD Balai Benih Tanaman Hortikultura Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Sulawesi Selatan menyampaikan kesan serta harapnya atas kunjungan kali ini.

“Semoga kunjungan ini memberikan banyak manfaat bagi mahasiswa Unibos. Mahasiswa mendapatkan pengetahuan dan pengalaman baru tentang budidaya tanaman pisang dan kentangyang diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam mengembangkan keterampilan dan wawasannya di bidang pertanian,” sebutnya.

Di sisi lain, Dr. Amirudin, S.P., M.P Ketua Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Unibos menyebutkan bahwa pada PLT kali ini mahasiswa juga berkesempatan untuk menilik lebih jauh tentang prospek usaha bisnis tanaman di Malino Desa Erelembang Kecamatan Tombolopao.

“Mahasiswa kami banyak mendapatkan pengetahuan dan pengalaman tentang budidaya Kentang dan prospek usaha bisnis tanaman kentang. Dan dari kunjungan ini wawasan mahasiswa kami terkait dunia pertanian terbuka sebab mereka melihat langsung perkebunan yang menghasilkan 53.000.000 bisa diperoleh selama 3 bulan, itu berarti dalam setahun petani bisa mendapatkan penghasilan sebesar 159.000.000,” jelasnya.

Comment