Poltekpar Makassar Gelar Pelatihan ESQ dan Bela Negara untuk 607 Mahasiswa Baru

MEDIAWARTA, MAKASSAR – Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Makassar mengadakan pelatihan Emotional Spiritual Quotient (ESQ) Character Building dan Bela Negara untuk 607 mahasiswa baru tahun akademik 2024/2025.

Kegiatan yang berlangsung pada 31 Juli hingga 1 Agustus 2024 ini dilaksanakan di Balairung I Wayan Bendhi, Kampus Poltekpar Makassar.

Pelatihan dibuka oleh Direktur Poltekpar Makassar, Dr. Herry Rachmat Widjaja, M.M.Par., CHE, bersama Wakil Direktur 2 Bidang Umum, Nur Salam, S.Sos., M.Pd, Wakil Direktur 3 Bidang Kemahasiswaan, Dra. Hj. Surya Dewi, MM., CHE., Kabag AAKU, Muhammad Arfin Salim, Ph.D., CHE., serta Kasubbag Kemahasiswaan, Muh. Arief, S.ST., Par., M.Pd.

Dr. Herry Rachmat Widjaja menjelaskan bahwa pelatihan ini diharapkan dapat membekali mahasiswa baru dengan kompetensi dan rasa cinta tanah air.

“Tahun ini kami memulai dengan ESQ dan Bela Negara sebelum kegiatan Pembinaan Sikap Dasar Profesi (PSDP) untuk membentuk karakter mahasiswa dari perubahan pola pikir yang menggabungkan SQ, EQ, dan IQ,” ujar Herry.

Ia berharap dengan kemampuan menjawab pertanyaan mendasar tentang siapa, di mana, dan ke mana mereka akan lebih mudah diarahkan dalam kegiatan berikutnya.

Selama dua hari, peserta mendapatkan materi dari lembaga ESQ Leadership Center. Pada hari pertama, materi meliputi “Why Character Is Important” tentang pentingnya karakter dan pengelolaan diri, “Finding Grand Why” untuk memahami motivasi belajar, “Unlock The Inner Power” untuk menggali potensi diri, serta “Break The Mental Block” untuk membebaskan diri dari mental block.

Hari kedua fokus pada “Wawasan Kebangsaan dan Anti Radikalisme,” “Anti Korupsi dan Waspada NARKOBA/NAPZA,” “Unshakable Mentality” untuk ketahanan mental, dan “The Power of Vision” untuk memetakan tujuan akhir belajar.

Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan landasan kuat bagi mahasiswa baru dalam membangun karakter dan profesionalisme mereka serta memperkuat rasa nasionalisme dan ketahanan mental.

Comment