BI Sulsel Perkuat Digitalisasi Qris di Kepulauan Selayar

MEDIAWARTA, SELAYAR – Bank Indonesia Sulawesi Selatan (BI Sulsel) turut berperan aktif pada Festival Takabonerate Dive Camp 2023 pada 26-30 Oktober 2023.

Festival dengan tema ‘Pesona Bahari Kemilau Budaya’ berlangsung di Kota Benteng Selayar, Pulau Jinato dan Pulau Tinabo. Tidak ketinggalan keterlibatan warga pada semua kecamatan dalam festival tersebut.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Deputi Direktur BI Sulsel Edy Kristianto, didampingi rekan-rekan Tim Implementasi Kebijakan Sistem Pembayaran dan Tim Pengelolaan Uang Rupiah.

Deputi Direktur BI Sulsel Edy Kristianto mengatakan, BI Sulsel salah satu mitra Pemda dalam kegiatan tersebut memberikan dukungan perlengkapan panitia dan mengkolaborasikan kegiatan yang sejalan dengan program kerja Bank Indonesia.

Programnya yaitu pelaksananaan User Experience Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS), Perlindungan Konsumen serta sosialisasi Cinta Bangga Paham Rupiah (CBP).

QRIS adalah adalah standar QR Code pembayaran non tunai yang harus digunakan oleh semua penerbit QR Code baik bank maupun non bank dengan satu QRIS untuk semua.

“Kegiatan User Experience QRIS bekerja sama dengan Dinas Pariwisata dan perbankan Selayar yaitu Bank Sulselbar, BRI, BNI dan Bank Mandiri dengan melakukan akuisisi terhadap UMKM peserta Festival Takabonerate maupun UMKM/pelaku usaha yang ada di Kabupaten Kepulauan Selayar,” kata Edy Kristanto.

Hal ini bertujuan agar digitalisasi non tunai pada sistem pembayaran dapat teraplikasi dengan baik dalam rangka memudahkan masyarakat dalam bertransaksi.

Dengan kegiatan User Experince QRIS semakin banyak masyarakat teredukasi mengenai penggunaan QRIS untuk pembayaran non tunai pada mobile banking dan e-wallet.

Masyarakat juga praktek secara langsung penggunaan QRIS saat festival. BI Sulsel juga memberikan hadiah menarik bagi peserta yang berhasil menggunakan pembayaran non tunai menggunakan QRIS.

BI Sulsel menargetkan pengguna baru QRIS untuk Sulsel sebesar 547.884. Kemudian target secara nasional sebesar 16.244.433 dapat tercapai sampai dengan akhir tahun 2023.

Selanjutnya, ada sosialiasi CBP Rupiah dalam Festival Takabonerate tersebut. Sasarannya agar masyarakat Cinta Rupiah dengan cara mengenali, merawat dengan baik serta menjaganya.

Bangga Rupiah, dengan cara menggunakan dan mematuhinya sebagai satu-satunya pembayaran yang sah sekaligus sebagai simbol kedaulatan dan alat pemersatu bangsa.

Dan, Paham Rupiah dengan cara menggunakan Rupiah secara cerdas dalam bertransaksi, berbelanja dan berhemat.

Pemda dan Balai Taman Nasional Takabonerate telah menerbitkan Surat Edaran Bupati tentang Transaksi Pembayaran Digital bagi ASN Kab Kepulauan Selayar.

Para Kadis mencoba transaksi QRIS didampingi pegawai Bank Indonesia dan komitmen akan menularkan hal ini kepada ASN dan Masyarakat sesuai tupoksinya.

Kepala Balai Taman Nasional Takabonerate Ahmad Yani juga memfasilitasi masyarakat pelaku usaha Kepulauan bisa mendapatkan QRIS dan Edukasi Literasi Keuangan lebih lanjut.

Comment