MAHASISWA TEKNIK KIMIA DALAM REKAYASA PROSES KIMIA VIRGIN COCONUT OIL (VCO)

MEDIAWARTA.COM ,MAKASSAR – Teknik kimia Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) merupakan salah satu jurusan di PNUP yang dalam pembelajarannya meneapkan system pembelajaran tutorial (teori) di kelas dan Praktek di laboraorium dengan perbadingan 30 : 70%. Sistem ini bertujuan mahasiswa selain belajar fundamental untuk penguatan secara teoritis dan penerapannya dilakukan di laboratorium dalam mengasah keterampilan (Soft skill) dan team work. Hal ini tentukan saja sesuai dengan slogan PNUP ahlinya Vokasi dan Maccaki. Beranjak dari slogan ini tentu dalam Proses Belajar Mengajar (PMB) mahasiswa dibimbing secara langsung oleh Dosen yang dilengkapi Modul Pembelajaran yang dikembang dari Project Base Learning maupun Problem Base Learning (PBL) dan Case Methode (CM).  

Tim VIRGIN COCONUT OIL (VCO)  merupakan salah satu dari kelompok laboratorium Rekayas Proses I yang dalam pratikum menerapkan Metode PBL maupun CM  dan dilengkapi dengan Modul Pembelajaran yang berisi standard kompetensi, prasyarat dan outcome, teori dasar VCO, standarisasi VCO sesuai SNI dan Codex Stand serta system pemasaran. Pada modul dilengkapi Tahapan Kerja, Capaian  juga terdapat dalam modul pembelajaran Dosen bertindak sebagai fasilitator dengan memantau aktivitas mahasiswa serta melaksanakan pertemuan dua kali (2x) seminggu untuk mengetahui progress aktivitas dan memberikan masukan ke tim yakni mahasiswa. Hasil yang didapatkan mahasiswa bersama dosen pembimbing mendiskusikan tahapan selanjutnya melalui analisis produk.

Tahap awal mahasiswa study literature dengan membandingkan tiap proses dari penelitian yang telah diteliti berdasarkan jurnal akan kelebihan dan kekurangan. Tahap dua mahasiswa melakukan uji pendahuluan yakni kelemahan metode dijadikan permasalahan dan kelebihan metode lainnya dengan mengkombinasikan. Tahap ketiga hasil terbaik dari tahap kedua selanjutnya divariasi sesuai variable penelitian dilanjutkan dengan analisis sesuai standard SNI dan Codex Standar. Hasil optimal dari pengujian secara kualitatif dan kuantitatif dilakukan produksi massal yang selanjutnya dikemas serta produk turunan berupa lip balm. Pada proses pemasaran tentu sangat dipengaruhi oleh kemasan, labelling dan system penjualan secara online menggunakan Iq dan WA Business.

Menurut Yuliani HR selaku pembimbing kelas 3A mengatakan bahwa mahasiswa bimbingan terdiri dari 6 mahasiswa bahwa pembuatan VCO menggunakan system fermentasi menggunakan ragi dengan 5 variasi nutrient terhadap krim santan (1:10 hingga 1:50) dan hasil kelimanya memenuhi syarat SNI dan Codex standard dengan hasil terbaik pada 1:40 dengan % Rendemen 31.5% kadar air 0.0041%. Brand VCO adalah VCori , baik VCO maupun  produk turunan LIP BALMTim Kelas 3A terdiri dari (1) Zaiful Dani, (2) Tria Afrillia, (3) Rezki Ananda, (4) Aisyah, (5) Miftahul Janna dan (6) Rida Afrija.

Tim Kelas 3B membuat VCO dengan metode enzimatis pada ekstrak nanas dengan variasi 5%, 7% dan 10% ditambahkan ke krim santan dengan perbandingan volume. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terbaik pada penambahan ekstrak nanas 5% dengan kadar air 0.05%, angka peyabunan 259 mgKOH/gramVCO, Berat jenis 0.90 g/ml dan indeks bias 1.4505. Menurut Mimi Septiadi selaku pembimbing kelas 3B bahwa VCO yang didapatkan tim ini memenuhi CODEX Stand dengan merek dagang PINCOL. Tim kelas 3B sebanyak 5 mahasiswa (1) Yuyun Natasya Nawir, (2) Andi Aflah Solihati, (3) Nur Inna Dahlan, (4) Nuraenun dan (5) Ahmad Fadhil.

Pembuatan VCO dengan metode penggaram dilakukan oleh Tim Kelas 3C yang dibimbing Dian Ranggina dengan 2 variabel yaitu garam dan waktu pengadukan. Variasi penambahan garam yaitu   garam 2 dan 3 gram serta variasi waktu pengadukan 10, 20 dan 30 menit.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada penambahan 2 gram garam dengan waktu pengadukan 10 menit menunjukkan hasil terbaik dengan 30.69%. Tim kelas 3C terdiri dari 6 keanggotaan yakni (1) Nur Adillah Ariani, (2) Hikmah Cahyani, (3) Rahmania, (4) Andi Rasti Rianti S, (5) Siti Sya’fa Ghaliah Al Amrin dan (6) Amelia sepakat memberi nama produk VCO yaitu VIRCOIL.

Aktivitas Tim VCO

Proses Belajar Mengajar (PMB) pada laboratorium Teknologi Rekayasa Proses melibatkan Praktisi dari yayasan Teh’ Riri memberikan materi bagaimana menjadi entrepreneur ditinjau dari kesiapan mental menghadapi persaingan di lapangan dan semangat untuk komitmen seorang pengusaha (wirausahan), kemasan, label dan system pemasaran maupun penjualan secara online,  kompetensi dan outcome yang direncanakan tercapai. Laporan dan Poster selain produk yang telah dikemas lengkap dengan label (siap dipasarkan) yang di presentasikan secara terbuka penguji dan peserta seminar. Penguji Internal empat orang dari tim lab rekayasa proses serta dua penguji eksternal yaitu Indah Arifah (Praktisi) dan Lia Muliati (Dosen PTS Bandung)

Yuliani HR mengatakan bahwa aktivitas tim VCO untuk 3 Kelompok yakni kelas 3A, 3B dan 3C Program Studi Teknologi Rekayasa Kimia Berkelanjutan (TRKB) ini, mahasiswa memiliki kemampuan dalam membuat VCO dengan 3 metode, peningkatan keterampilan hard skill dan Soft Skill. Keterampilan bekerja di laboratorium, IT terkhusus pembuatan poster, pemasaran dengan media sosial sebagai sarana promosi, menganalisis data, menginterprestasikan, team work yang baik, leadership, kemandirian, kepercayaan diri, mampu berbicara dan presentasi di depan umum sehingga secara otomatis penigkatan kemampuan public speaking. Aktivitas tim VCO memberikan peningkatan, knowledge, soft skill, attitude, relasi serta kemampuan negosiasi yang secara langsung peningkatan branding bagi jati diri anggota, tentu saja modal menuju sarjana teknik kimia.

Produk VCO mahasiswa Teknik Kimia PNUP tentu saja memiliki kelebihan yakni adanya inovasi dan nilai tambahan terkait pada keremajaan kulit sehingga terawat dan halus selain itu produk turunan berupa lip Balm. Varian produk ada original dan Plus sesuai kebutuhan kulit.

Aktivitas di Tim VCO sejalan dengan profile lulusan vokasi yakni ahli dalm bidangnya dan memiliki kemampuan soft skill serta best performance & kekuatan personal branding, tutur   Yuliani HR selaku Penanggung Jawab Program Magang Mahasiswa Bersertfikat (PMMB). Satu kata buat anggota VCO, Berproses Meraih Sukses, SDM Unggul Indonesia Maju, Jaya PNUP, Maccaki.

Dosen Teknik Kimia & Penanggung Jawab PMMB PNUP.

Yuliani HR

Comment