Sambut Dies Natalis ke-67, Unhas Bakal Gelar Sejumlah Kegiatan

Foto: Masyudi Firmansyah/Mediawarta

MEDIAWARTA, MAKASSAR – Menyambut Dies Natalis Universitas Hasanuddin (Unhas) ke-67, sejumlah kegiatan telah disiapkan Universitas Hasanuddin (Unhas)

Kegiatan itu pun dijelaskan saat press conference yang digelar Panitia Dies Natalis ke-67, di Gedung Rektorat Unhas, Kampus Tamalanrea, Makassar, Selasa (1/8/2023).

Hadir Sekretaris Universitas Prof Sumbangan Baja, Ketua Panitia Prof Ariyanti Saleh, dan Kepala Humas Unhas Ahmad Bahar.

Ketua Panitia Prof Ariyanti Saleh mengatakan, pelaksanaan rangkaian Dies Natalis pasca pandemi ini, bakal digelar secara full offline.

“Ukuran manusia, sedang matangnya usia 67 tahun ini. Perayaan Dies Natalis ke-67 ini, kita lakukan secara full offline,” ujarnya.

Pelaksanaan Dies Natalis kali ini, lanjut dia, bertujuan untuk menghormati tonggak sejarah dari Unhas. Melalui ini juga, Unhas juga ingin menunjukkan sederet prestasi dan reputasi, serta sumbangsih Unhas bagi masyarakat.

“Fakultas Keperawatan sebagai penyelenggara atau host. Kita bersama Ilmu Budaya, yang kali ini menjadi co-host,” kata Dekan Fakultas Keperawatan itu.

Puncak acara upacara Dies Natalis sendiri, bakal digelar di Baruga AP Pettarani, pada 9 September 2022. Sejumlah tokoh pun telah diundang Panitia Dies Natalis, untuk membawakan orasi ilmiah.

“Orasi ilmiah kita upayakan setingkat menteri datang,” kata Prof Ariyanti.

Unhas juga telah menyiapkan berbagai jenis pertandingan cabang olahraga, baik untuk internal dan eksternal.

Pertandingan olahaga tersebut seperti tennis lapangan, futsal, teknis meja, badminton, dan basket dan catur.

Pertandingan olahraga bakal digelar dari 10 hingga 19 Agustus 2023.

Selain itu, juga akan dilaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat, yang difokuskan di Kabupatan Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) yang menjadi center pengabdian Unhas.

Terdapat 32 tim yang diturunkan dalam kegiatan pengabdian, meliputi semua aspek, serta melibatkan seluruh fakultas di Unhas.

Rangkaian pengabdian digelar 9 sampai 23 Agustus, seperti operasi katarak, operasi bibir sumbing, hingga pameran pengabdian 32 tim.

Unhas juga melibatkan mahasiswa internasional dalam event International Student Festival pada 26 Agustus.

“Nantinya, kurang lebih 200 mahasiswa internasional di Unhas, akan tampil memperkenalkan budaya daerahnya masing-masing. Mereka akan memperlihatkan budaya, termasuk masakan asal daerahnya,” kata Prof Ariyanti.

Lanjut pada 26 Agustus nanti, akan dilaksanakan Tablig Akbar, dengan peserta mahasiswa baru Unhas.

Ust Maulana pun telah dikonfirmasi hadir memberikan tauziah, di depan ribuan mahasiswa dan civitas akademika Unhas.

“Ada juga internasional conference yang akan digelar Unhas,” tambah Prof Ariyanti.

Unhas juga bakal menggelar ziarah ke Makam Sultan Hasanuddin, sebagai rangkaian Dies Natalis. Unhas juga akan melaunching bibit jagung unggulan yang diberi nama Jagung Jago atau JJ.

Sekretaris Universitas Prof Sumbangan Baja mengatakan, sesuai namanya, jagung ini mempunyai beberapa keunggulan.

Kepala Humas Unhas, Ahmad Bahar menambahkan, pada 3 September Unhas juga akan melaunching Kapal Unhas explorer.

Kapal tersebut merupakan kapal riset, yang nantinya bakal digunakan Unhas dalam melakukan penelitian.

“Ini memudahkan mahasiswa maupun dosen kalau melakukan penelitian di laut, atau mengelilingi pulau. Mudah-mudahan kapal itu bisa digunakan,” tambahnya.

Comment