Poltekpar Makassar Gelar Kuliah Umum Pengembangan Usaha Wisata bersama Ketua ASTINDO

MEDIAWARTA, MAKASSAR – Jurusan Perjalanan Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Makassar mengadakan kuliah umum bertema “Pengembangan Usaha pada Bidang Perjalanan Wisata” di Auditorium Soesilo Sudarman, Kampus Poltekpar Makassar, Selasa (4/6/2024).

Acara ini menghadirkan Ketua Umum DPP Asosiasi Travel Agent Indonesia (ASTINDO), Pauline Suharno, sebagai dosen tamu, dan diikuti oleh sekitar 150 mahasiswa dari Program Studi D3 Perjalanan Wisata dan Program Studi D4 Usaha Perjalanan Wisata.

Ketua Jurusan Perjalanan, Buntu Marannu Eppang, A.Md., SS., Modt., Ph.D., CHE, dalam sambutannya menyatakan bahwa kuliah umum ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berwirausaha mahasiswa di bidang perjalanan wisata dengan menghadirkan seorang profesional sebagai narasumber.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan wawasan praktis dan pengalaman langsung dari seorang profesional, yang diharapkan dapat memperkaya pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam mengembangkan usaha di bidang perjalanan wisata,” ujarnya.

Pauline Suharno dalam kuliah umumnya menyampaikan bahwa mengembangkan usaha memerlukan komitmen dan proses yang konsisten.

Ia menekankan tiga aspek penting untuk meraih kesuksesan: mentalitas, sikap, dan semangat belajar yang terus-menerus, didukung oleh keluarga, tim kerja, kepemimpinan, dan dukungan eksternal.

“Dalam industri perjalanan, kita harus kreatif dan inovatif untuk melihat produk yang potensial sesuai perkembangan pasar. Berusaha harus didukung dengan keikutsertaan kita dalam asosiasi perjalanan dalam negeri dan luar negeri karena kita mendapatkan manfaat dan jaringan dengan biro perjalanan lain yang menjual produk kita dan menjadi mitra bisnis,” jelasnya.

Ketua Umum DPP ASTINDO ini juga menekankan pentingnya kolaborasi dan jaringan sebagai kunci untuk mengembangkan bisnis di sektor perjalanan wisata.

Mahasiswa didorong untuk memanfaatkan peluang ini dengan aktif berpartisipasi dalam asosiasi-asosiasi yang relevan.

Kuliah umum ini diharapkan dapat memberikan perspektif baru dan inspirasi bagi mahasiswa untuk terus belajar dan mengembangkan diri, serta mempersiapkan mereka untuk menjadi pelaku usaha yang sukses di bidang perjalanan wisata.

Dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dari kuliah umum ini, mahasiswa Poltekpar Makassar diharapkan mampu menciptakan inovasi dalam industri perjalanan dan berkontribusi pada perkembangan pariwisata di Indonesia.

Comment