TP PKK Kota Makassar Galakkan Ketahanan Pangan Lewat Pekarangan Berkualitas

MEDIAWARTA, MAKASSAR – TP PKK Kota Makassar menggalakkan program Aku Hatinya PKK lewat sosialisasi di Lorong binaan PKK, Kelurahan Camba Berua Kecamatan Ujung Tanah, Selasa (4/6/2024).

Sosialisasi ini dihelat selama lima hari berturut-turut, mulai 4-8 Juni, di sejumlah lorong PKK di Kota Makassar.

Menghadirkan Ketua Pokja III TP PKK Provinsi Sulawesi Selatan, Sri Suro Adhawati dan Kepala Bidang Dinas Perikanan dan Kota Makassar, Takdir.

Sekretaris TP PKK Kota Makassar Bonita Latief, menjelaskan kegiatan Kampung Aku Hatinya merupakan proker Pokja III yang bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat.

Khususnya warga yang ada di Lorong PKK untuk dapat memanfaatkan halaman sekitar rumahnya dengan menanam tanaman spesifik berciri khas daerah dgn tanaman unggulan bernilai ekonomi tinggi.

Bonita menjelaskan, bahkan di perkotaan besar dengan daerah padat pun seperti di Kota Makassar, masyarakat masih dapat memanfaatkan ruang halaman dengan menanam secara vertikal menggunakan tabulapot atau digantung.

Sehingga, pada sosialisasi ini masyarakat diberi edukasi bahwa pekarangan dapat menjadi sumber ketahanan pangan keluarga. Yaitu dengan menanam berbagai komoditi pangan yang mengandung B2SA, apotik hidup, atau tumbuhan produktifit lainnya.

Lewat program ini, TP PKK Kota Makassar juga berharap dapat mengintervensi kebiasaan masyarakat saat ini yang gemar mengkonsumsi makanan cepat saji dan kurang bergizi.

Masyarakat setempat juga diajarkan tahapan membentuk rumah pangan mulai dari jenis komoditi pangan B2SA, prinsip menu B2SA, hingga kriteria lokasi rumah pangan.

“Selain itu, mereka juga diberikan edukasi tentang budidaya ikan air tawar dengan sistem aquaponik,” tutup Bonita.

Comment