Unhas Gelar Medical Check Up ke Unit-Unit Kerja

MEDIAWARTA, MAKASSAR – Universitas Hasanuddin (Unhas) melalui Sub Direktorat Sistem Jaminan Kesehatan dan Keselamatan Kerja yang berada di bawah Direktorat Sumber Daya Manusia (SDM) kembali menghadirkan layanan pemeriksaan kesehatan melalui program “Medical Check Up (MCU) Goes to Unit” kepada para dosen dan tenaga kependidikan lingkup kampus. Kegiatan mulai berlangsung, Senin (3/6/3024) di Gedung Rektorat, Kampus Unhas Tamalanrea, Makassar.

Medical Check Up (MCU) Goes to Unit hadir untuk meningkatkan kualitas kesehatan para dosen dan tenaga kependidikan di lingkungan kampus. Ini merupakan wujud nyata dari komitmen Unhas memperhatikan kesejahteraan seluruh sivitas akademika. Program MCU Goes to Unit dirancang untuk memberikan layanan pemeriksaan kesehatan langsung ke setiap unit kerja di Unhas. Langkah ini bertujuan untuk meminimalisir hambatan waktu dan jarak yang seringkali menjadi kendala bagi dosen dan tenaga kependidikan dalam mendapatkan layanan kesehatan.

Prof. Dr. Lalu Muhammad Saleh, SKM.,M.Kes selaku Kepala Subdit Sistem Jaminan K3 Unhas menjelaskan MCU Goes to Unit dirancang untuk memberikan layanan pemeriksaan kesehatan langsung ke setiap unit kerja di Unhas. Langkah ini bertujuan untuk meminimalisir hambatan waktu dan jarak yang seringkali menjadi kendala bagi dosen dan tenaga kependidikan lingkup kampus.

“Kesehatan adalah aspek fundamental yang mendukung produktivitas dan kinerja. Dengan adanya program MCU Goes to Unit, kami berharap dapat memfasilitasi pemeriksaan kesehatan yang komprehensif dan mudah diakses. Kegiatan goes to unit hadir sebagai upaya menjamin pemeriksaan kesehatan agar terjamin derajat kesehatan yang optimal bagi seluruh SDM Unhas,” jelas Prof Lalu.

Secara umum, program ini diharapkan dapat menjangkau seluruh unit kerja di Unhas secara bergiliran. Akan dilakukan kunjungan ke setiap fakultas dan unit kerja lainnya untuk memastikan bahwa setiap anggota sivitas akademika Unhas mendapatkan pemeriksaan kesehatan rutin dan berkualitas.

Program MCU Goes to Unit dinilai sebagai upaya preventif yang strategis dalam menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan produktif. Kesehatan yang terjaga akan meningkatkan kinerja dan efektivitas kerja. Ini juga menunjukkan kepedulian dan tanggung jawabnya terhadap kesehatan dan kesejahteraan seluruh sivitas akademika.

MCU merupakan bagian dari program Unhas Sehat yang dilaunching pada bulan November 2022. Program MCU ini merupakan salah satu program dibawah kendali Sub-Direktorat Sistem Jaminan Keselamatan dan Kesehatan Kerja UnhasUnhas Direktorat Sumber Daya Manusia. Terobosan ini merupakan upaya komitmen dari Pimpinan Unhas untuk meningkatkan kualitas kesehatan bagi dosen dan tenaga kependidikan.

Comment