Jadi Ajang Bangun Jaringan Antara Pendidikan Vokasi dan Sektor Industri, Poltekbos dan Konsorsium PTV Gelar Pelatihan

MEDIAWARTA, MAKASSAR – Konsorsium Perguruan Tinggi Vokasi (PTV) wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Tenggara (Sultanbatara) menggelar Pelatihan Penguatan Kemitraan antara Satuan Pendidikan Vokasi (SPV) dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) bertempat di  Hotel Mercure Makassar,(4/7/24).

Pelatihan ini dihadiri oleh perwakilan dari 44 SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) dan 6 LKP (Lembaga Kursus dan Pelatihan).

Kehadiran mereka menunjukkan komitmen kuat untuk memperdalam pemahaman tentang pentingnya kemitraan dengan DUDI serta memperluas jaringan kolaborasi dengan berbagai sektor industri.

Peserta pelatihan aktif berpartisipasi dalam diskusi, yang tidak hanya memperkaya wacana, tetapi juga menghasilkan strategi implementasi yang konkret untuk mengembangkan inovasi berbasis potensi lokal di Sultanbatara.

Kegiatan dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan dari sektor pendidikan dan industri.

Konsorsium PTV yang berperan dalam acara ini terdiri dari empat politeknik, yaitu Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP), Politeknik Pertanian Negeri Pangkep (Polipangkep), Politeknik Bosowa (Poltekbos), dan Politeknik Bombana (Polina).

Keempat institusi ini bekerja sama untuk memperkuat ekosistem kemitraan antara SPV dan DUDI guna mendorong pengembangan inovasi berbasis potensi lokal di wilayah Sultanbatara.

Menurut Wakil Direktur II Politeknik Bosowa, Dr. Ir. Isminarti, MT. memaparkan partisipasi aktif dari peserta dalam pelatihan ini sangat memperkaya diskusi dan menghasilkan strategi implementasi yang konkret untuk mengembangkan inovasi berbasis potensi daerah Sultanbatara.

” Mereka berdiskusi tentang berbagai tantangan dan peluang yang ada dalam kolaborasi antara SPV dan DUDI, serta berbagi pengalaman dan best practice dari masing-masing institusi,”paparnya.

Isminarti juga menambahkan jika acara pelatihan ini juga menjadi ajang penting untuk membangun jaringan antara pendidikan vokasi dan sektor industri.

” Banyak peserta yang memanfaatkan kesempatan ini untuk menjalin kerja sama baru, bertukar informasi, dan menjajaki peluang kolaborasi yang lebih luas di masa mendatang,”tambahnya.

Pada akhir acara, para peserta menyatakan apresiasi mereka terhadap inisiatif Konsorsium PTV dalam menyelenggarakan pelatihan.

Mereka menganggap acara tersebut sebagai langkah positif dalam memperkuat hubungan antara pendidikan vokasi dan dunia industri, yang pada gilirannya akan menghasilkan lulusan yang lebih siap dan inovatif, mampu berkontribusi secara signifikan terhadap pengembangan ekonomi lokal di wilayah Sultanbatara.

Comment