KLM Sumber Utama Tenggelam, Air Surut Sulitkan Evakuasi dari Rescue Pos SAR Selayar

MEDIAWARTA, SELAYAR – Tim Rescue Pos Sar Selayar lakukan pemantauan dan koordinasi dengan pihak Syahbandar Kabupatrn Kepulauan Selayar dan Camat Pulau Jampea Kabupaten Kepulauan Selayar terkait dengan informasi tenggelamnya KLM Sumber Utama di wilayah Perairan Kabupaten Kepulauan Selayar sejak Kamis malam (3/8/2023).

“Melihat situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan bagi rescuer Pos SAR Selayar untuk lakukan evakuasi, dikarenakan kondisi air yang surut di Pelabuhan Selayar,” ujar Andi Sultan, Kepala Seksi Operasi Basarnas Makassar.

Andi Sultan menambahkan, selain karena kondisi yang tidak memungkinkan bagi tim untuk lakukan evakuasi, jarak dan waktu tempuh juga menjadi salah satu kendala.

“Lokasi kejadian berada sekitar 70 NM dari Pelabuhan Selayar, dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 8 jam, karenanya kami lakukan koordinasi dengan pulau yang terdekat, yaitu Pulau Jampea. Dan alhamdulillah, kelima abk saat ini dapat dievakuasi oleh nelayan setempat dan dalam keadaan selamat semua,” tutup Sultan.

Untuk diketahui, KLM Sumber Utama berawakan lima abk yaitu Ogrin (33 thn ), Muslim (40 thn), Hairun (41 thn), Erwin (49 thn) dan Sugiyanto (39 thn) dengan rute Bima – Bau Bau.

Comment