Pelindo Mengajar 2024: Executive Director 4 Berbagi Ilmu, Membangun Masa Depan

MEDIAWARTA, MAKASSAR – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo kembali mengadakan program “Pelindo Mengajar 2024” sebagai bagian dari komitmen Perseroan dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia dan juga merupakan salah satu program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) khususnya bidang Pendidikan.

Program yang digelar serentak di seluruh wilayah Indonesia dalam rangka memperingati Hari Pelindo yang jatuh pada 1 Oktober 2024 ini melibatkan para pemimpin di Pelindo untuk terjun langsung memberikan edukasi dan inspirasi kepada siswa-siswi di sekolah-sekolah yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Dalam “Pelindo Mengajar” kali ini, Executive Director 4 Pelindo Regional 4, Abdul Azis berkesempatan mengajar di hadapan sekitar 150 orang siswa-siswi kelas XII SMA Negeri 16 Makassar, Rabu (4/9/2024).

Di awal pemaparan materi, Abdul Azis terlebih dahulu mengenalkan BUMN (Badan Usaha Milik Negara), fungsi serta core values atau nilai-nilai utama yang dimiliki yaitu Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif yang biasa disingkat dengan AKHLAK.

Dia menyatakan bahwa program “Pelindo Mengajar 2024” adalah salah satu bentuk tanggung jawab sosial perusahaan untuk turut andil dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. “Kami percaya bahwa pendidikan adalah kunci utama untuk membangun masa depan bangsa. Melalui Pelindo Mengajar, kami berharap dapat memberikan kontribusi nyata dalam menciptakan generasi yang lebih siap menghadapi perubahan dan perkembangan global,” ujarnya.

Dia juga mengatakan bahwa “Pelindo Mengajar 2024” merupakan inisiatif perusahaan dalam memperkuat hubungan antara dunia industri dan dunia pendidikan dengan tujuan untuk mempersiapkan generasi muda menghadapi tantangan masa depan. Tak lupa, Executive Director 4 Pelindo Regional 4 juga berbagi ilmu dan pengalaman tentang logistik, kepelabuhanan, serta topik-topik lain yang relevan dengan kebutuhan masa kini dan masa depan.

Sementara itu dalam sambutannya, Kepala Sekolah SMAN 16 Makassar, Yusuf mengungkapkan bahwa sebuah kehormatan bagi pihaknya, Pelindo bisa mengunjungi SMAN 16 Makassar. Dia juga mengatakan bahwa SMAN 16 Makassar selalu berupaya mengikuti perkembangan zaman dalam menghadapi Indonesia Emas tahun 2045.

“Untuk itu dalam menghadapi tahun 2045 nanti, melalui Pelindo Mengajar ini bisa memberikan amunisi ilmu dan pengetahuan kepada siswa-siswi di SMAN 16 Makassar dengan memberikan pengetahuan tentang keberadaan Pelindo kepada para siswa, sehingga bisa menambah pengetahuan mereka terutama tentang industri kepelabuhanan dan Pelindo itu sendiri.”

Dia berharap Pelindo bisa memberikan pengetahuan dan informasi tentang Pelindo hari ini dan Pelindo ke depannya. “Kami juga berharap suatu saat nanti siswa-siswi SMAN 16 Makassar bisa berkunjung ke Pelindo untuk mengetahui lebih jelas dan lebih jauh lagi tentang Pelindo.”

Hasmirah, Guru SMAN 16 Makassar mengucapkan terima kasih kepada Pelindo, “Karena telah berkunjung di sekolah kami dan telah memperkenalkan program Pelindo Mengajar kepada siswa-siswi kami. Mudah-mudahan ke depannya kami bisa bekerja sama dengan Pelindo dalam bidang pendidikan, dan Pelindo selalu berkembang serta terus berjaya.”

Maulidi Umar, Guru SMAN 16 Makassar juga mengucapkan, “Sangat berterima kasih dengan program Pelindo Mengajar karena melalui kegiatan ini siswa-siswi kami bisa lebih berkualitas dan semoga kegiatan ini terus berlanjut, tidak hanya sampai di sini saja.”

Ketua OSIS SMAN 16 Makassar, Nadya Pratiwi mengungkapkan bahwa dirinya sangat bersyukur diberi kesempatan mengikuti kegiatan “Pelindo Mengajar”. “Saya merasa bersyukur karena sekolah kami terpilih di antara banyaknya sekolah untuk kegiatan Pelindo Mengajar ini. Selain itu saya sangat mengapresiasi di mana kegiatan ini banyak dampak positif dan juga manfaatnya. Harapan saya, semoga Pelindo semakin jaya, sukses dan senantiasa bisa mewujudkan kegiatan yang berdampak positif bagi kami generasi muda.”

Muhammad Khayri, Siswa Kelas XII MIPA 4 SMAN 16 Makassar menuturkan bahwa program “Pelindo Mengajar” sangat seru dan bisa membuat para siswa semakin termotivasi untuk lebih rajin lagi belajar guna meraih cita-cita dan impian yang diinginkan.

Selain memberikan materi pembelajaran, melalui program ini Pelindo juga mendorong siswa-siswi untuk berpikir kritis dan kreatif melalui berbagai kegiatan interaktif, seperti diskusi kelompok, simulasi, dan project-based learning. Program ini juga akan melibatkan berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah, komunitas pendidikan, dan para orang tua, untuk memastikan keberhasilan dan keberlanjutan program “Pelindo Mengajar”.

“Pelindo Mengajar 2024” diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi perusahaan lain untuk ikut serta dalam kegiatan-kegiatan serupa, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Dengan semangat gotong royong, Pelindo percaya bahwa Indonesia dapat menciptakan generasi penerus yang berkualitas, tangguh, dan siap bersaing di tingkat global.

Bantu Sekolah dan Siswa Berprestasi

Selain mengajar, dalam program tersebut Pelindo Regional 4 juga memberikan bantuan berupa 4 unit laptop kepada pihak sekolah dan 2 unit ponsel atau telepon genggam kepada 2 siswa berprestasi.

“Semoga bantuan yang diberikan bisa dimanfaatkan dengan baik oleh pihak sekolah dan siswa yang menerima,” kata Abdul Azis.

Tak hanya memberikan bantuan, dalam program ini Pelindo Regional 4 juga membagikan cukup banyak hadiah kepada siswa-siswi yang aktif dan mengajukan pertanyaan serta dapat menjawab pertanyaan dengan benar, baik yang dilontarkan Executive Director 4 maupun MC.

Kegiatan diakhiri dengan 10 pertanyaan kuis Kahoot yang menghasilkan 3 pemenang dan ditutup dengan sesi foto bersama.

Comment