Hadiri HLM, Pangdam XIV/Hasanuddin : Perlunya Komitmen Bersama Atasi Inflasi di Wilayah

MEDIAWARTA, MAKASSAR – Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Dr. Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos., M.Tr. (Han)., menghadiri High Level Meeting (HLM) Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Sulawesi Selatan, bertempat di Ballroom Phinisi Hotel Claro, Kota Makassar. Selasa (4/04/2023).

Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama antara Sekretariat Daerah (Sekda) Provinsi Sulsel, TPID dan pihak Bank Indonesia dalam rangka upaya penguatan koordinasi pengendalian inflasi daerah, menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HKBN) Idul Fitri 2023.

Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, selaku Ketua TPID Sulsel, menyampaikan bahwa pihaknya telah melakukan upaya untuk meningkatkan produktivitas beras sehingga hasil produksi dapat melebihi target, kemudian ia pun memantau dan menjaga ketersediaan pasokan di seluruh wilayah utamanya menjelang lebaran dan juga telah meningkatkan pasokan minyak goreng di wilayah.

Di kesempatan yang sama, Mayjen Totok mengungkapkan bahwa perlunya komitmen bersama dalam mengatasi Inflasi di wilayah dengan berkoordinasi antar daerah secara berkesinambungan. Menurut Pangdam bahwa hal tersebut sudah ada perintah dari Pimpinan Angkatan Darat untuk membantu pemerintah daerah dalam menekan inflasi di daerah.

“Kami juga ada perintah untuk membantu pemerintah daerah untuk menekan inflasi di daerah, kami bersama-sama dengan Angkatan Laut dan Angkatan Udara, sebetulnya kami telah melaksanakan beberapa rapat dan juga ada target”, Ungkapnya.

“Kami menyodorkan diri untuk bersama-sama pemerintah daerah untuk melibatkan kami semaksimal mungkin. Kita awali dari diri sendiri, dari hilir yang paling bawah/personnya. Kitapun sudah sampaikan ke seluruh Koramil, seluruh Kodim, seluruhnya wajib mandiri dengan membuat polybag, membuat bioflok dengan memanfaatkan lahan kosong dan itupun saya cek langsung. Kemarin kita sudah panen dan kita bagikan secara cuma-cuma/gratis”, Sambungnya.

“Dengan adanya kerjasama yang baik saya yakin dapat menyelesaikan permasalahan inflasi yang ada, kami pun seluruh jajaran Kodam XIV/Hasanuddin akan senantiasa berkomitmen untuk membantu pemerintah dalam menekan jumlah inflansi tingkat daerah bahkan nasional”, Tambahnya.

Untuk diketahui, Kodam XIV/Hasanuddin sendiri telah melaksanakan kerjasama dengan Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulsel terkait Program Pengendalian Inflasi Pangan yang dilaksanakan pada acara Kick Off Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) Sulawesi Selatan, di Taman Muccini Kota Makassar, Senin (24/10/2022) lalu.

Comment