Fakultas Teknik UNHAS Mengubah Kotoran Hewan Menjadi Alternatif Pengganti LPG

MEDIAWARTA, MAKASSARBidang Kemahasiswaan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (FT Unhas) melakukan sosialisasi pengolahan limbah kotoran hewan ternak dengan metode anaerob sebagai pengganti bahan bakar fosil.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari sabtu, 27 Mei 2023 dan hari minggu, 4 Juni 2023, di Desa Bolaromang, Kecamatan Tombolo Pao, Kabupaten Gowa.

“Sosialisasi ini merupakan program Fakultas Teknik dalam rangka bina desa Fakultas Teknik Unhas tahun 2023, dan diikuti oleh warga desa binaan serta adik adik mahasiswa” jelas Nurul Masyiah Rani Harusi, selalu ketua panitia acara.

Menurut Nurul, Desa Bolaromang memiliki potensi dalam menerapkan prinsip ekonomi sirkular. Terdapat kurang lebih 400 liter kotoran sapi yang dapat digunakan selama 2 hari sebagai bahan bakar pengganti liquefied petroleum gas atau LPG.

“kotoran hewan ternak sapi di sini banyak, dan belum pernah dikelola sama sekali. Maka kami perlu mengedukasi masyarakat untuk mengetahui cara pengolahan kotoran menjadi biogas”.

Kegiatan ini merupakan salah satu wujud nyata dari pengabdian Unhas terhadap masyarakat dan diharapkan warga Desa Bolaromang dapat mengimplimentasikan pengolahan kotoran hewan ternak sapi menjadi biogas.

“Kita berharap, kegiatan ini memberi manfaat bagi warga dan dapat mengembangkan potensi Desa Bolaromang. Kami dari Unhas, khususnya Fakultas Teknik akan ikut serta dalam pengembangan desa Bolaromang, ” ujar Bapak Hamzah, mewakili Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Akademik FT Unhas.

Dalam sosialisasi ini, warga mendapat penjelasan terkait manfaat biogas, tata cara membuat reaktor biogas, dan cara pemeliharan reaktor agar gas yang berada dalam reaktor dapat berhasil.

“Antusias warga dalam mendengarkan materi sangat baik. Mungkin karena permasalahan yang mereka hadapi sangat nyata. Pengolahan kotoran ternak sapi yang masih sulit diatasi. Semoga materi ini dapat memberi jalan keluar bagi warga” ungkap Muhammad Faruq Zulfikar, mahasiswa Departemen Teknik Lingkungan Unhas, selaku pemateri acara.

Acara ditutup dengan foto bersama serta penyerahan alat reaktor biogas secara simbolis dari FT Unhas kepada warga Desa Bolaromang.

“Kami warga Desa Bolaromang mengucapkan Terima kasih kepada Fakultas Teknik Unhas karena telah memilih desa kami dalam program binaan” Ucap Lukman, Sekretaris Desa Bolaromang.

Comment