Dinas Pariwisata Kota Makassar Kembali Gelar Fashion Fiesta, Hadirkan Puluhan Designer Ternama

MEDIAWARTA, MAKASSAR – Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Pariwisata Kota Makassar kembali menggelar Fashion Fiesta 2023.

Event yang menggandeng Jant Entertainment ini berlangsung selama tiga hari, dimulai 4-6 Agustus di Atrium New Trans Mal Makassar.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar dalam hal ini di wakili oleh Kepala Bidang Ekonomi Kreatif, Zamhir Islamie Hatta mengatakan Fashion Fiesta merupakan event Dinas Pariwisata Kota Makassar dalam upaya memotivasi para fashionpreneur serta pelaku UMKM untuk kembali bangkit dan optimis dalam memajukan industri fashion lokal yang sustainable.

“Fashion Fiesta kembali hadir dengan volume keempat. Kegiatan ini adalah salah satu dari 17 Sub Sektor industri kreatif di Indonesia yaitu Sektor Bidang Fashion,” beber Zamhir dalam laporannya.

“Sub Sektor unggulan di Kota Makassar sendiri masing-masing Kuliner, kedua Fashion, ketiga Kriya, keempat Film, Video dan Animasi,” lanjutnya.

Ia juga mengatakan bahw aKota Makassar merupakan salah satu kota yang banyak memiliki warisan budaya yang masih dilestarikan hingga saat ini oleh masyarakat dapat menjadi peluang bagi para pelaku UMKM baik kuliner, craft dan para fashionpreneur untuk mengembangkan inovasinya dalam membuat karya.

“Beragamnya warisan budaya Kota Makassar menjadi dasar pelaksanaan Fashion Fiesta Volume 4 ini,” tuturnya.

“Fashion Fiesta tahun ini mengangkat tema Cultural Heritage. Kami berharap agar para fashionpreneur dapat memanfaatkan event Fashion Fiesta untuk dapat lebih berkreasi dan berinovasi lagi,” imbuhnya.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini, para pelaku dan komunitas kreatif khususnya Sub Sektor Fashion yang ada di Kota Makassar dapat terus berkembang guna meningkatkan laju perekonomian di Kota Makassar khususnya,” sambungnya.

Berdasarkan pantauan, Fashion Fiesta 2023 ini menghadirkan beberapa desainer lokal maupun nasional menampilkan karya-karya mereka di panggung Fashion Fiesta.

Sementara itu, Asisten II Pemkot Makassar Rusmayani Madjid mengatakan industri kreatif di Indonesia berkembang sangat pesat, industri yang berfokus pada penciptaan barang dan jasa dan mengandalkan keahlian, bakat, dan kreatifitas sebagai kekayaan intelektual.

“Ini merupakan bagian yang tak terpisahkan dari ekonomi kreatif. Salah satu subsektor dari industri kreatif di kota Makassar yang memiliki potensi besar adalah bidang fashion,” ujarnya.

“Industri kreatif di kota Makassar ini memiliki potensi yang besar di bidang fashion sebagai sebuah rumpun usaha kreatif yang berhubungan dengan desain pakaian, alas kaki, aksesoris, produk pakaian dan aksesorisnya serta konsultasi dan distribusi produksi fashion,” sambungnya.

Mantan Kepala Dinas Pariwisata itu menyampaikan bahwa industri kreatif ini sangat memberikan kontribusi ekonomi yang siginifikan, selain memberikan sumber devisa negara yang besar dan menciptakan iklim bisnis yang sangat positif serta dapat membangun citra serta identitas bangsa khususnya khas Sulsel.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini para pelaku industri kreatif khususnya sub-sektor fashion yang ada di Makassar dapat terus berkembang guna meningkatkan laju perekonomian di kota Makassar,” pungkasnya.

Diketahui juga dalam event ini dirangkaikan sejumlah kegiatan seperti fashion show, beauty class, competition, fashion exhibition, culture and tourism talks, cosplay fashion competition, band, and games.

Para designer itu masing-masing Nanda Maharani (Jakarta), Adhialie, Aisyah Alia, Dian Alfiani, Asdar Habib, Asriandy Acci, Ayu Gani Istinana, Andi Ratu Anzho, Arfiah Makmur, Jannah Zainal.
Kemudian juga ada Husnah Anwar, Fauziah Lewa, Arfiah, Muslihati Muli, Eka Madjid, Amriany Achmad, Trya Satria, Rina Tamam, Mimi Nasution, Ilyasdesam.

Selain itu ada Irwandhy, Lily Gunawan, Jutti Lapah, Ida Jashari, Itja Ahmad, Upi Collection, Hilda Aligenda, Janur Collection, Eiwa, Ars_Fashion, The Luxury AZ.

Kemudian Alvia Gahanza, Faizah Nawawi, Elite Modeling School, Amanda Style dan dari Asosiasi berupa IFC, APPMI, DOTS.

Mereka itu menampilkan karya atau brand masing-masing di atas panggung Fashion Fiesta dan juga membuka booth di area Fashion Fiesta.

Comment