Duduk Berderetan Para Wali Kota Se Indonesia, PJ Sekda Saksikan Karnaval Budaya Nusantara

MEDIAWARTA, BALIKPAPAN – Karnaval budaya nusantara mewarnai rangkaian kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosisasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) ke-XVII di Sport and Convention Center (BSCC) Dome, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (5/6/2024).

Dalam karnaval budaya ini terlihat 30 kota sebagai kontingen yang ikut berpartisipasi, salah satunya Kota Makassar.

Karenanya, PJ Sekda Kota Makassar, Firman Hamid Pagarra ikut menyambut dan menyaksikan langsung pawai karnaval budaya tersebut.

Didampingi ketua DWP Kota Makassar, Fadliah Firman, kehadiran mereka untuk memberikan dukungan penuh secara langsung kepada rombongan pemkot Makassar.

“Alhamdulillah kembali lagi kita ikut berpartisipasi dalam pawai karnaval budaya Apeksi XVII. Ini bentuk komitmen kota Makassar untuk selalu memperkenalkan kebudayaan kota Makassar diseluruh penjuru dunia khususnya Indonesia,” ucapnya.

Karnaval budaya, kata Firman merupakan salah satu langkah untuk menunjukkan berbagai macam keberagaman yang berbeda namun di dalamnya terdapat satu kekuatan seperti tema yang diusung karnaval budaya kali ini yakni merajut keberagaman budaya mendukung Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Apalagi malam ini kami duduk bersama Wali Kota Solo sekaligus Wapres terpilih, Gibran Rakabuming Raka menyaksikan berbagai macam kebudayaan menunjukkan pentingnya budaya di suatu kota untuk diperkenalkan dan dilestarikan,” ungkapnya.

Ia juga mengaku senang, karena kegiatan tersebut terselenggara dengan baik. Terlebih lewat karnaval ini bisa memperkenalkan budaya Makassar secara berkelanjutan.

Firman juga mengungkapkan keikutsertaan pemkot Makassar dapat menjadi batu loncatan untuk bisa lebih menegakkan nilai-nilai budaya Makassar hingga ke kancah Internasional.

“Seperti yang dikatakan Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto jikalau budaya itu menjadi bagian identitas kita, warisan kita,” tuturnya.

Pada karnaval budaya ini Kota Makassar berada pada posisi nomor urut ke 9 tampil dengan memboyong kurang lebih 300 orang kontigen.

Dalam barisan karnaval ini dipimpin langsung oleh seluruh Asisten dan staf ahli pemkot Makassar diikuti kepala OPD, para ASN, Camat dan Lurah serta beberapa penari dari sanggar yang dibawa khusus dari Kota Makassar.

Selain Kota Makassar berikut beberapa kota yang ikut serta dalam karnaval budaya nusantara yakni Kota Balikpapan sebagai tuan rumah sekaligus pembuka rangkaian karnaval, lalu diikuti Kota Pangkal Pinang, Kota Malang, Kota Pontianak, Semarang, Kota Batu, Bandung, Kota Parepare, Kota Makassar, Lubuk Linggau.

Disusul Kota Padang, Kota Depok, Kota Denpasar, Kota Bontang, Kota Palopo, Kota Sukabumi, Kota Palangkaraya, Kota Palu, Kota Ternate, Kota Jambi, Kota Magelang, Kota Bogor, Tarakan, Kota Banjarmasin, Kota Yogyakarta dan Kota Madiun, Kota Tangerang, Kota Palembang, Kota Samarinda.

Comment