Makassar Tuan Rumah, Sembilan Provinsi Bakal Ramaikan KIM Fest 2024

MEDIAWARTA, MAKASSAR – Pemerintah Kota Makassar terus mematangkan persiapan pelaksanaan Festival Komunitas Informasi Masyarakat (KIM Fest) 2024.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI menunjuk Makassar sebagai tuan rumah KIM Fest 2024.

Berkolaborasi dengan UMKM Fiesta yang digelar Dinas Koperasi dan UKM, kegiatan ini akan berlangsung di Anjungan City Of Makassar pada 9-11 Agustus.

Memastikan semua persiapan matang, Plt Kepala Dinas Kominfo Makassar Ismawaty Nur bersama beberapa OPD melaporkan progres KIM Fest ke Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto.

Diantaranya, perwakilan Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Pariwisata, Bapenda, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Damkar, PDAM, dan PD Parkir.

Wali Kota Danny Pomanto menyambut baik kegiatan tersebut. Sebagai tuan rumah ia ingin KIM Makassar menjadi percontohan bagi kabupaten/kota di Indonesia.

Termasuk percontohan pelaksanaan event. Apalagi, Kota Makassar sudah membranding dirinya sebagai kota festival tepian air.

“Saya terima kasih kepada pak menteri telah menunjuk Makassar sebagai tuan rumah,” kata Danny Pomanto dalam rapat persiapan KIM Fest 2024 berlangsung di Amirullah, Senin (5/8).

Ia juga menyebutkan saat ini Makassar saat ini sangat siap di dalam pelaksanaan KIM Fest 2024. Mulai tenaga medis, air bersih, pengamanan, hingga area parkir

“Makassar sangat siap menyelenggarakan ini, dan Insyaallah kita ingin menjadi KIM Fest terbaik di Indonesia,” ujarnya.

“Kita sudah rapat koordinasi memastikan semuanya berjalan dengan baik dan saya mengoreksi tadi beberapa layoutnya,” ucap Danny Pomanto.

Sementara itu, Plt Dinas Kominfo Ismawaty Nur mengatakan kegiatan ini akan diikuti 50 KIM dari sembilan provinsi.

Yakni, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Jogja, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, dan Jawa Tengah.

“KIM ini membantu menyebarkan program pemerintah daerah,” ungkap Ismawaty Nur.

Kegiatan ini juga akan diramaikan dengan puluhan UMKM-UMKM terbaik yang ada di lorong-lorong.

Termasuk membuka pelayanan, seperti KTP, pembayaran air PDAM, PBB oleh Bapenda, hingga NIB untuk pelaku UMKM bekerja sama dengan Dinas PM-PTSP.

“Ada pameran KIM, kita akan membawa tim KIM ini mengunjungi lorong wisata, museum, dan warrom. Termasuk memberi awarding,” tutupnya.

Comment